2019 : Pengembangan Metode Estimasi Biaya Berbasis Function Point Dan Story Point Pada Proyek Pengembangan Video Game

Dr. Apol Pribadi Subriadi ST., MT.
Sholiq ST., M.Kom
Valeriana Lukitasari S.Si

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Industri permainan (Game) yang semakin berkembang telah membuat banyak pihak dari seluruh dunia untuk ikut berpartisipasi. Faktor pendapatan (revenue) yang cukup besar menjadi alasan yang utama. Revenue industri Game pada tahun 2016 tercatat melampaui capaian pendapatan industri film dan industri musik dunia. Dibalik potensi pendapatan yang luar biasa ini, juga selaras dengan tingkat kesulitan pada pengembangan proyek perangkat lunak pada industri Game atau Video Game. Tingkat kesulitan yang tinggi ini mengakibatkan beragam kegagalan dan mengakibatkan hanya sebagian kecil dari Video Game yang berhasil sampai ke tangan konsumen dan menyebabkan kerugian kepada pengembang proyek industri Game. Perencanaan atau estimasi proyek yang kurang tepat adalah faktor utama penyebab kegagalan sebuah proyek perangkat lunak. Kegagalan ini, dapat dikurangi atau diantisipasi jika tersedia sebuah metode Software Cost Estimation yang diharapkan dapat membantu proses perencanaan proyek lebih terukur serta menghindarkan kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah metode yang mampu melakukan estimasi biaya perangkat lunak Video Game dengan mengeksplorasi metode Function Point dan Story Point. Pemilihan metode Function Point didasarkan pada kemampuan metode tersebut untuk menghitung ukuran fungsional sebuah perangkat lunak dengan baik. Disisi lain Function Point memiliki kelemahan mendasar yaitu ketidakmampuan menghitung variabel di luar fungsional sistem dengan akurat. Oleh karena itu metode Story Point dipilih untuk melengkapi unsur di luar sisi fungsional meliputi sisi non-fungsional dan teknis dari proyek pengembangan perangkat lunak Video Game. Keakuratan metode estimasi pada penelitian ini akan dilakukan dengan uji banding estimasi biaya perangkat lunak Video Game yang dihasilkan berbasis Function Point dan Story Point dengan harga sesungguhnya. Perbandingan ini akan memberikan akurasi perhitungan estimasi biaya, sejak awal perencanaan sebuah proyek pengembangan game diinisiasi. Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah: 1. Diketahuinya kompleksitas atau kesulitan pengembangan sebuah aplikasi permainan/ Game. 2. Diketahuinya variabel-variabel non fungsional yang seringkali sangat dominan pada proyek pengembangan aplikasi permainan/ Game. 3. Diketahuinya estimasi biaya yang sesungguhnya untuk mengembangkan aplikasi permainan/ Game. 4. Diketahuinya risiko/potensi kegagalan pengembangan aplikasi permainan/ Game sejak awal perencanaan sehingga dapat di ambil langkah-langkah antisipasinya.