2019 : OPTIMASI PERFORMA DAN EMISI MESIN DIESEL BERBAHAN BAKAR EMULSI MELALUI PENGATURAN WAKTU INJEKSI DAN PENAMBAHAN MASS FLOW RATE UDARA

Ary Bachtiar Krishna Putra ST.,MT.,PhD
Dr. Bambang Sudarmanta ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Emulsi merupakan suatu sistem dispersi, dimana salah satu fase terdispersi dalam fase lainnya dengan tambahan suatu zat pengemulsi (surfaktan), karena bahan bakar solar dan air memiliki suhu didih yang berbeda maka tingkat penguapan juga akan berbeda, akibatnya molekul air akan mencapai tahapan super panas lebih cepat dari pada bahan bakar diesel dan akan terjadi pemecahan exspansi uap. Penelitian ini difokuskan pada pemetaan waktu pengapian dan penambahan udara masuk ke ruang bakar untuk menghasilkan torsi SFC, BMEP, maksimal di setiap putaran engine dan beban mesin yang divariasikan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil unjuk kerja dan emisi gas buang engine dengan bahan bakar Pertamina Dex dan emulsi (W/D 30% dan W/D 35%), Hasil dari Eksperimen di validasi dengan mengunakan data statistik untuk mencari nilai optimum pada setiap putaran dengan variasi Beban, penambahan udara masuk ke ruang bakar dengan mengunakan supercharger elektrik dan pengaturan waktu injesi, dilakukan pada mesin Diesel satu silinder type DI 800. Pengujian dilakukan dengan variasi waktu injeksi, penambahan udara masuk, dan beban mesin dengan bahan bakar pertamina dex, W/D 30% dan W/D 35%. Dari penelitian ini didapatkan waktu injeksi yang optimal untuk mencapai AFR Emulsi W/D 30% dan W/D 35%, Pada putaran 1500 rpn dengan beban 1000 watt hingg 4000 watt akan dibandingan terhadap ignition timing dan mass flow rate pada tiap beban. Dari Hasil eksperimen ini akan didapat Daya, Torsi, BSFC, BMEP, BTE, HRR, AFR, CO, HC, dan PM Pada tiap beban dan bahan bakar pertamina dex, W/D 30% dan W/D 35%, dan untuk mencari nilai optimum dari setiap beban mesin dengan variasi waktu injeksi, dan Mass flow rate serta jenis bahan bakar pertamina dex W/D 30% dan W/D 35%, Pada putaran mesin 1500 rpm. Kata Kunci: Emulsi, Surfaktan, Pembakaran, Emisi, Waktu Injeksi, Mass Flow Rate