2019 : Kajian Pengaruh Getaran pada Konstruksi Kapal Ikan Berbahan Fiberglass Multiaxial sebagai Alternatif Pengganti Kapal Kayu

Totok Yulianto ST, MT.
Mohammad Nurul Misbah S.T.,M.T.
Dony Setyawan ST, M.Eng

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Ketersediaan material kayu yang semakin menipis menjadi masalah yang serius bagi sebagian besar nelayan, terutama untuk kebutuhan kapal baru maupun untuk perbaikan kapal kayu milik nelayan. Di sisi lain, ketahanan pangan nasional yang menjadi program pemerintah telah menunjuk sektor perikanan sebagai salah satu sumbernya. Dalam hal ini peran nelayan untuk mendapatkan hasil tangkap sesuai target sangat diperlukan. Kelangkaan kayu tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak dapat memproduksi kapal ikan demi memenuhi target ketahanan pangan nasional dari sektor perikanan. Salah satu material alternatif yang dapat menggantikan kapal kayu adalah Fiberglass Reinforced Plastic (FRP). Kelebihan yang dimiliki dari material FRP adalah ketangguhan material, memiliki kekuatan yang tinggi, tahan terhadap cuaca dan bahan kimia, tahan terhadap suhu yang tinggi serta tidak mengalami abrasi dan korosi. Sifat mekanik dari FRP salah satunya dipengaruhi oleh jenis serat, desain serat dan orientasi arah serat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu jenis serat yang digunakan dalam FRP adalah multiaxial, yaitu serat yang berwujud anyaman dengan arah serat memanjang, melintang maupun menyilang. Multiaxial glass terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah biaxial, triaxial dan quadriaxial. Kajian penggunaan material FRP multiaxial dilanjutkan pada analisis akibat adanya getaran pada konstruksi badan kapal. Pada konstruksi kapal, khususnya di bagian kamar mesin, resiko getaran struktur sangat besar terjadi. Pada desain tertentu, konstruksi kapal FRP multiaxial memiliki kecenderungan mampu mereduksi resiko getaran pada badan kapal. Penelitian yang diusulkan ini bertujuan untuk (a) mengkaji kekuatan konstruksi kapal berbahan FRP multiaxial terhadap resiko getaran konstruksi kapal, (b) membandingkan kekuatan dan kemampuan redaman desain konstruksi kapal FRP multiaxial dari berbagai jenis anyaman akibat adanya getaran konstruksi kapal. Penelitian dititikberatkan pada analisis kekuatan konstruksi kapal FRP multiaxial untuk mengetahui tingkat ketahanan konstruksi FRP multiaxial dari berbagai jenis anyaman akibat getaran kapal. Analisis getaran kapal dilakukan dengan simulasi numerik elemen hingga. Hasil akhir dari penelitian ini adalah desain FRP multiaxial pada konstruksi kapal yang mampu mereduksi resiko getaran kapal dan kekuatannya memenuhi kriteria aturan klasifikasi.