2019 : Evaluasi Metode Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning dalam Pendidikan Arsitektur Studi Kasus: Mata Kuliah Perbaikan Perumahan Informal

Ir. Purwanita Setijanti M.Sc., Ph.D.
Dewi Septanti S.Pd, ST, MT, Ph.D
Wahyu Setyawan S.T., M.T.
Adinda Sih Pinasti Utami S.T., M.T.
Tanti Satriana Rosary Nasution S.T., M.T.


Abstract

Metode pembelajaran berbasis Problem Based Learning, pembelajar akan belajar melalui fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan secara nyata. Dapat dikatakan bahwa mahasiswa akan banyak belajar langsung dari masyarakat dan mengkaitkan kondisi lapangan dengan teori yang dipelajari di kuliah. Mata kuliah Perbaikan Perumahan Informal merupakan mata kuliah pilihan yang baru saja dijalankan selama 1 semester di Departemen Arsitektur. Mata kuliah ini ditujukan untuk mahasiswa semester 7 dan diharapkan dipilih oleh mahasiswa yang memiliki ketertarikan untuk lebih mendalami mengenai perumahan informal. Dalam pemberian materi awal, dosen masih memiliki peran yang cukup besar dalam memberikan kuliah. Terdapat enam (6) materi kuliah yang dibekalkan kepada mahasiswa sedangkan sisanya adalah pengerjaan proyek kelompok untuk pendalaman materi secara mandiri. Evaluasi metode pembelajaran untuk mata kuliah ini menjadi penting karena dalam pendalaman kelompok mahasiswa akan terjun langsung ke lapangan, menggali informasi, mensintesakan dan mendesain sesuai kebutuhan/permasalahan yang ditemukan sehingga akan ada kemungkinan bahwa apa yang ditemukan di lapangan akan jauh berbeda dengan materi yang dikuliahkan sebelumnya. Penelitian akan dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam ke beberapa mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah ini. Selain itu juga, data dasar akan diambil dari Indeks Pengajaran Dosen (IPD) di lingkungan ITS