2016 : Strategi Peningkatan Penerimaan Penggunaan SHARE-ITS oleh Dosen dalam Mendukung Strategi 6 \"Sistem Informasi dan Pengetahuan ITS\"

Wiwik Anggraeni S.Si.,M.Kom
Hanim Maria Astuti S.Kom, M.Sc
Anisah Herdiyanti Prabowo S.Kom., M.Sc.


Abstract

Pembelajaran via online atau disebut eLearning saat ini telah menjadi program prioritas bagi beberapa institusi pendidikan di dunia. Tidak terkecuali Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang memandang bahwa eLearning dapat menjanjikan berbagai manfaat diantaranya: fleksibilitas dalam pengorganisasian mata kuliah, kemudahan kontrol capaian pembelajaran mahasiswa oleh dosen pengampu, hingga peningkatan kedisiplinan dan kemandirian mahasiswa dalam belajar. \nSaat ini, SHAREITS sebagai media eLearning telah diterapkan di ITS. Namun demikian, hanya jurusan tertentu yang menggunakan SHAREITS untuk kegiatan akademiknya. Tidak banyaknya jurusan yang mengadopsi SHAREITS ini dimungkinkan karena penerimaan dosen terhadap SHAREITS masih sangat minim.\nPenelitian kajian kebijakan tahun pertama telah dilakukan dengan berfokus kepada penggalian faktor-faktor yang mendorong penerimaan SHAREITS dari perspektif dosen. Minimnya penerimaan ini diantaranya disebabkan oleh belum optimalnya kondisi yang menfasilitasi (facilitating conditions) penggunaan SHAREITS dan minat pemanfaatan (behavioral intention). Rekomendasi diberikan berdasarkan kondisi kekinian tersebut dengan mengusulkan berbagai kegiatan yang dapat diimplementasikan untuk peningkatan penerimaan, diantaranya: pelatihan diseminasi SHAREITS, pelatihan penggunaan aplikasi SHAREITS, pelatihan produksi konten multimedia. Terlepas dari telah ditemukannya faktor-faktor yang mendorong penerimaan SHAREITS dari perspektif dosen, kajian untuk mengeksplorasi faktor-faktor dari perspektif lain, seperti mahasiswa dan pengelola SHAREITS.\nOleh karena itu, penelitian kebijakan ini yang merupakan penelitian lanjutan yang bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan SHAREITS dari perspektif dukungan institusi, pengelolaan risiko dan perspektif pengguna mahasiswa. Dengan bekerjasama bersama P3AI-ITS, penelitian kajian kebijakan diharapkan dapat membantu dalam perumusan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan penerimaan SHAREITS. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung tercapainya strategi ke-6 sesuai rencana strategis ITS yakni sistem informasi dan pengetahuan ITS dapat tercapai.\n