2018 : PEDOMAN MUTU PEMBELAJARAN ONLINE ITS: PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUDIT PEMBELAJARAN ONLINE BERDASARKAN SLOAN-C QUALITY AND THE FIVE PILLARS FRAMEWORK

Ir. Khakim Ghozali M.MT
Feby Artwodini Muqtadiroh S.Kom., MT.
Anisah Herdiyanti Prabowo S.Kom., M.Sc.


Abstract

Dalam perkembangan pendidikan saat ini yang dibarengi dengan perkembangan teknologi yang pesat menuntut semua subjek dalam dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi berusaha menempatkan dirinya dalam posisi yang tepat. Implementasi dari perkembangan Teknologi Informasi (TI) dalam perguruan tinggi yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar salah satunya yaitu sistem pembelajaran berbasis e-learning. E-learning merupakan tren pembelajaran online yang akan semakin masif dan bermanfaat di era selanjutnya yang akan semakin terbuka dan mengglobal. Selama beberapa tahun terakhir, tepatnya sejak tahun 2006 ITS telah melakukan investasi besar dalam penggunaan teknologi pembelajaran online yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan fleksibilitas pembelajaran melalui kuliah online berbasis e-learning yang diberi nama Share ITS. Pembelajaran online perlu menunjukkan bukti penggunaan teknologi yang masuk akal (tepat) dan bervariasi harus dapat mencapai learning outcome yang diinginkan. Hal inilah yang mendorong penelitian ini dilakukan yakni untuk pentingnya audit untuk menjamin kualitas pembelajaran online. Terlebih tuntutan institusi, nasional dan global saat ini adalah agar perguruan tinggi mampu mengatasi masalah kualitas dalam pengajaran dan pembelajaran. Dengan adanya kesempatan dan kemudahan pengelolaan kuliah online di Perguruan Tinggi seperti ITS maka perlu dikembangkan suatu alat ukur dan pedoman yang dapat memberi petunjuk kepada para pengajar atau akademisi dalam hal merancang pembelajaran online yang berkualitas dan terstandar dalam rangka mewujudkan capaian pembelajaran yang diharapkan. Sejumlah panduan mutu telah dihasilkan dalam penelitian yang telah dilaksanakan pada perguruan tinggi lainnya bahkan di negara maju. Namun memiliki konteks dan tujuan yang berbeda. Beberapa hanya fokus untuk kepentingan pada pembelajaran di kelas, beberapa fokus pada implementasi pedagogi saja dan beberapa hanya fokus pada desain content dan desain perangkat lunak supaya mudah di akases. Untuk itulah penelitian kali ini berfokus pada menghasilkan instrumen sistem jaminan kualitas kuliah online atau seperangkat pedoman yang dapat diterapkan untuk akademisi (dosen), Direktorat Akademik ITS, dan Kantor Penjaminan Mutu ITS dalam menjaga dan mengevaluasi kualitas kuliah online di ITS. Penelitian ini berfungsi sebagai panduan audit bagi pelaksanaan kuliah online yang mendukung kondisi di ITS saat ini dan bagaimana penerapannya kelak di ITS agar dapat terwujud peningkatan kualitas pembelajaran online yang berkelanjutan atau dikenal dengan istilah continuous quality improvement (CQI).