2019 : EVALUASI KETERCAPAIAN KEMAMPUAN MAHASISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI PERANCANGAN KOTA

Rabbani Kharismawan S.T, M.T
Angger Sukma Mahendra, S.T, M.T
Fardilla Rizqiyah ST, MT

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Mata Kuliah (MK) Teori Perancangan Kota merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang diadakan Departemen Arsitektur ITS untuk mahasiswa semester 6. Mata kuliah tersebut memiliki 3 (tiga) pokok materi pembelajaran yaitu Place Making-Genius Loci, Elements and Principles of Design Composition dan Strategi Peremajaan Kota. Penelitian evaluasi materi pembelajaran ini merupakan penelitian dalam ranah pendidikan yang diperlukan dengan tujuan mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran, menguji perubahan kemampuan mahasiswa terhadap materi pembelajaran, memelihara standar mutu pendidikan di Departemen Arsitektur ITS serta menjadi alat untuk melihat capaian pembelajaran yang ditetapkan. Tujuan lainnya adalah untuk mendukung salah satu tugas pokok dari laboratorium sebagai inti (core) pengembangan keilmuan. Metode evaluasi materi pembelajaran menggunakan teknik congruence model dan non tes (bukan tes) yaitu teknik evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan terhadap pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang disampaikan setelah menyelesaikan proses pembelajaran selama 1 semester. Alat bantu evaluasi menggunakan kuisioner terukur lewat google form. Hasil yang diharapkan adalah adanya data penilaian dari mahasiswa sendiri terhadap pemahaman materi pembelajaran serta aspek-aspek yang dirasa kurang serta menjadi kekuatan dari materi pembelajaran yang disusun. Dari hasil tersebut dapat dijadikan acuan untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik serta menyempurnakan bahan ajar serta menjadi acuan untuk penelitian berikutnya terkait ketercapaian kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik pada mahasiswa. Kata kunci: evaluasi, materi pembelajaran, pemahaman mahasiswa.