2019 : ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KEAMANAN TRANSAKSI YANG DITAWARKAN OLEH ELECTRONIC WALLET

Dr. Ir. Bambang Syairudin M.T.
Dr.Ir. Mokh Suef M.Sc (Eng)
Gogor Arif Handiwibowo ST., M.MT.
Lissa Rosdiana Noer S.T., M.MT.


Abstract

Perkembangan era teknologi telah menuntut layanan jasa untuk meningkatkan performance melalui aplikasi berbasis teknologi, salah satunya adalah pada bidang financial yang juga berupaya melayani pelanggan secara prima. Salah satu bentuk nyata adalah metode pembayaran yang dapat dilakukan secara praktis dan berbasis online, atau sering kita dengar dengan istilah electronic wallet. Fitur aplikasi yang ditawarkan kepada pelanggan cukup mudah, yaitu mengunduh aplikasi electronic wallet melalui Apps Store untuk pengguna Apple atau melalui Play Store untuk pengguna Android. Aplikasi pembayaran online yang ditawarkan juga sangat banyak, antara lain: OVO, Go-Pay, Dana, Linkaja dsb. Kemudahan yang ditawarkan kepada pelanggan adalah dapat melakukan transaksi pembayaran pada merchant restoran, departement store, dan lain-lain dengan cukup melakukan scan barcode atau memasukan nomor telepon seluler yang terdaftar. Pembelian berulang oleh pelanggan dapat terjadi apabila tingkat keamanan dan kemudahan dapat terjamin oleh aplikasi tersebut. Pembelian berulang yang dimaksud pada penelitian adalah keamanan dalam bentuk pengisian saldo uang pada aplikasi yang berfungsi sebagai dompet elektronik pelanggan. Pengisian saldo dapat dilakukan melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking, maupun kartu kredit. Penelitian akan memfokuskan kepada dua aplikasi electronic wallet yaitu OVO dan GO-PAY, hal ini dikarenakan rangking aplikasi yang sangat tinggi dan juga penawaran diskon yang diberikan kepada pelanggan.