2020 : Pemodelan Lingkungan Virtual Reality Dalam Pembelajaran Animasi dan Game Digital

Didit Prasetyo S.T., M.T.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Teknologi Virtual Reality mensimulasikan benda nyata menjadi benda maya atau objek tiga dimensi dalam waktu yang nyata yang berinteraksi dengan indera penggunanya. Simulasi ini dapat digunakan untuk membantu pengguna merasakan dan mengalami suatu pengalaman. Cara menyajikan sebuah pengalaman secara digital melalui teknologi virtual reality ini menjadi salah satu tolak ukur dalam capaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah Animasi dan game digital DKV ITS, dimana capaian pembelajarannya adalah mahasiswa mampu merencanakan produksi animasi dan game digital, dalam suatu produksi animasi dan game digital memerlukan tahapan-tahapan untuk mencapai terwujudnya sebuah produk digital berupa aplikasi atau film animasi, pada tahapan produksi dimana sebuah animasi atau game digital memerlukan lingkungan sebagai pelengkap narasi dan sebagai variabel pembentuk pengalaman pengguna diperlukan optimasi pada objek yang digunakan sebagai lingkungan, optimasi ini berkaitan dengan topografi, proses komputasi dan estetika. Penelitian Pemodelan Lingkungan Virtual Reality Dalam Pembelajaran Animasi dan Game Digital ini merupakan bentuk penelitian kuantitatif yang menguji kinerja peralatan yang digunakan untuk memutar aplikasi Virtual Reality (Oculus Quest) dengan pemakaian objek 3D dalam aplikasi game digital yang dibuat sehingga ditemukan nilai optimal antara topografi objek, estetika objek dan kinerja peralatan. Metode penelitian yang digunakan meliputi : pendataan tipe objek sebagai syarat minimal terbentuknya sebuah lingkungan game digital, analisis jumlah vertex tiap tipe objek, pengujian kinerja peralatan menggunakan aplikasi benchmark yang menunjukkan proses komputasi peralatan ketika memutar aplikasi yang berbeda-beda tipe objeknya. Output yang diharapkan pada penelitian ini adalah modul ajar yang dapat digunakan secara khusus sebagai acuan bagi dosen dan mahasiswa yang akan merancang sebuah aplikasi Virtual Reality sesuai tema yang dipilih sehingga dapat berjalan secara optimal pada peralatan Oculus Quest serta dalam rangka pengembangan dan peningkatan performa mata kuliah Animasi dan Game Digital, dan sebagai referensi yang ditujukan untuk umum terutama para pengembang aplikasi VR pada ekosistem alat Oculus Quest. Kata kunci: Pemodelan, Virtual Reality, Lowpoly, Optimasi