2017 : Purwa Rupa Board Game Edukasi Sejarah Nasional Sebagai Pelestarian Budaya Nusantara Untuk Mendukung Ekonomi Kreatif Indonesia

Primaditya S.Sn., MDs
Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Rabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Salah satu materi pendidikan karakter melalui jalur non formal adalah media-media populer yang dikonsumsi oleh anak diluar jam sekolah. Contoh media populer yang saat ini berkembang pesat adalah permainan papan atau lebih dikenal dengan board game. \nBoard game adalah salah satu jenis permainan yang menggunakan papan sebagai dasar permainannya. Kelebihan dari media ini terletak dari sisi interaksi para pemain dan pada cara penyampaian konten. Media ini sangat potensial untuk dikombinasikan dengan topik pembelajaran karena mengandung elemen-elemen yang melambangkan tema board game itu sendiri. Board game mampu mengajarkan banyak hal dan juga dapat melatih kognitif, konsentrasi, daya ingat, dan motorik. \nDi Indonesia, terdapat banyak konten yang dapat diadaptasi kedalam media board game, salah satunya adalah sejarah kerajaan nusantara. Dalam konteks ini, board game dapat dipandang sebagai salah satu media pembelajaran interaktif. \nLaboratorium Basic Design di Jurusan Desain Produk Industri memiliki kapasitas untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis kreatifitas, diantaranya adalah papan permainan atau board game.\nPenelitian mengenai board game masih sangat jarang dilakukan di Indonesia. Padahal dunia board game berpotensi besar sebagai media pembelajaran bagi generasi muda, sekaligus memiliki potensi bisnis yang tinggi dalam perekonomian kreatif. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai pijakan untuk penelitian dan project selanjutnya yang berhubungan dengan konteks tersebut.\n