2018 : Purwarupa Papan Permainan Bertema Edukasi Sejarah Nasional Sebagai Pelestarian Budaya Nusantara Menggunakan Simulasi Augmented Reality

Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Rabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.
Didit Prasetyo S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Salah satu bagian penting dari sejarah bangsa Indonesia adalah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan-kerajaan nusantara tersebut menjadi awal dari perkembangan Indonesia mulai dari perekonomian, budaya, sampai cerita awal bermunculnya beragam agama di Indonesia. Unsur-unsur pembelajaran mengenai kerajaan nusantara meliputi peristiwa penting, tokoh, lokasi, bangunan bersejarah, hingga mencakup aspek sosial budaya. Pendidikan Sejarah pada hakekatnya dapat diintegrasikan dalam pengembangan diri anak melalui pendidikan formal dan non formal. Jika pendidikan formal meliputi jenjang akademik, maka pendidikan non formal adalah pendidikan yang didapat dari luar sekolah. Salah satu materi pendidikan karakter melalui jalur non formal adalah media-media populer yang dikonsumsi oleh anak diluar jam sekolah. Contoh media populer yang saat ini berkembang pesat adalah permainan papan atau lebih dikenal dengan board game. Di Indonesia, terdapat banyak konten yang dapat diadaptasi kedalam media board game, salah satunya adalah sejarah kerajaan nusantara. Dalam konteks ini, board game dapat dipandang sebagai salah satu media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan purwarupa permainan board game yang bertema kerajaan nusantara. Genre dan gameplay dari board game tersebut disesuaikan dengan target audiens yang dituju. Board game kerajaan nusantara ini diharapkan dapat berperan sebagai media pengajaran edukatif baru menggunakan simulasi Augmented Reality, khususnya tema sejarah kerajaan nusantara, dalam rangka membangun kembali jati diri bangsa Indonesia. Keywords: boardgame, pendidikan, kerajaan nusantara, purwarupa