2019 : Intelligent Mobility untuk Meningkatkan Mobilitas, Reliabilitas, dan Efisiensi Operasional Sistem Transportasi

Erma Suryani ST., MT., Ph.D
Mudjahidin ST., MT
Rully Agus Hendrawan S.Kom., M.Eng.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Padatnya transportasi di jalan raya menimbulkan kemacetan yang disebabkan oleh semakin bertambahnya volume kendaraan sehingga melebihi kapasitas jalan. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang terus meningkat dari tahun ke tahun yaitu rata-rata di atas 3%, sementara pembangunan infrastruktur jumlah dan lebar jalan sangat kecil, kurang lebih di bawah 1% per tahun berakibat pada ketidakseimbangan antara volume lalu lintas dan prasarana jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Lebih lanjut beberapa permasalahan transportasi yang menjadi penyebab utama kemacetan yaitu : 1)ruas jalan jauh di bawah kebutuhan normal dari yang seharusnya (20% total luas kota), 2)moda kapasitas angkutan umum yang belum sesuai dengan kebutuhan, 3)kebijakan perumahan perkotaan yang menyebar ke daerah pinggiran sehingga membuat orang lama di jalan, 4)banyaknya persimpangan jalan, 5)angka urbanisasi dan pertumbuhan penduduk yang tinggi, sekitar 4,5% per tahun, 6)banyaknya titik jalan yang bottleneck, 7)kurangnya angkutan umum, serta 8)buruknya tata ruang. Oleh karena itu dalam penelitian ini, diusulkan “intelligent mobility untuk meningkatkan mobilitas, reliabilitas, dan efisiensi operasional sistem transportasi� Kinerja mobilitas merupakan salah satu faktor penentu efisiensi operasional sistem lalu lintas. Mobilitas mencerminkan kepadatan layanan transportasi yang berfokus pada waktu tempuh dan jaringan transportasi. Reliabilitas merupakan keandalan yang berfokus pada kemudahannya mobilitas yang diukur melalui waktu tempuh, kecepatan, penggunaan sistem, serta kapasitas sistem. Sedangkan efisiensi operasional mengacu pada organisasi sumber daya dalam menghasilkan output berupa waktu tempuh, waktu transfer pada fasilitas penghubung, dan kinerja biaya transportasi umum. Sebagai metode pengembangan intelligent mobility, akan digunakan model simulasi system dynamics (sebagai tool untuk analisis dan prediksi sistem transportasi) serta teknologi informasi (sebagai tool untuk penyajian layanan informasi transportasi umum dan navigasi traffic lalu lintas). Penggunaan metode “system dynamics�dilakukan dengan pertimbangan bahwa system dynamics dapat mengakomodir hubungan non-linear antar faktor, yang berdampak pada efektifitas dan efisiensi sistem tarnsportasi. Sedangkan untuk pengembangan teknologi informasi digunakan metode system development life cycle (SDLC) waterfall karena metode tersebut memungkinkan proses menjadi lebih teratur. Hasil penelitian yang telah diperoleh pada tahun pertama (2018) meliputi: 1)model simulasi manajemen sistem transportasi untuk meningkatkan mobilitas dan deteksi kemacetan lalu lintas; 2)model reliabilitas sistem transportasi; 3)teknologi informasi berbasis mobile untuk monitoring ketersediaan transportasi umum bagi penumpang dan pengendara serta navigasi traffic lalu lintas; 4)publikasi pada dua jurnal internasional dengan judul: a)“Intelligent Mobility Modelling for Integrated Transportation Planning� b)�rban Mobility Modelling to Reduce Traffic Congestion� 5)publikasi pada seminar internasional dengan judul: “Modelling Reliability of Transportation Systems to Reduce Traffic Congestion� Untuk penelitian tahun kedua (2019) target luaran meliputi: 1)model simulasi untuk meningkatkan efisiensi operasional sistem transportasi; 2)integrasi teknologi informasi monitoring ketersediaan transportasi dan navigasi traffic lalu lintas dengan transport modelling; 3)workshop dan sosialisasi hasil penelitian dengan semua pemangku kepentingan; 4)publikasi pada dua jurnal internasional dengan judul: a)�imulation Model to Improve Economic Efficiency of Transportation System� b)�odelling and Simulation to Improve Passenger Travel Time� 5)publikasi pada seminar internasional dengan judul: “System Dynamics Modelling to Develop More Accessible and Economically Efficient Roadway Systems� 6)usulan HKI dengan topik “Metode Penggunaan Perangkat Kontrol Lalu Lintas Adaptif untuk Mengurangi Waktu Tempuh dan Antrian Kendaraan di Persimpangan� Keywords: Intelligent Mobility, Model Simulasi, Teknologi Informasi berbasis Mobile, Skenario