2018 : Pengembangan website Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai media promosi ITS

Kartika Kusuma Wardani S.T., M.Si.
Putri Dwitasari ST., M.Ds.
Didit Prasetyo S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Computer-mediated communication (CMC) merupakan sebuah kombinasi antara interaksi interpersonal dan media masa yang dimanfaatkan oleh berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Website sebagai salah satu media spesifik dari CMC berkembang dari yang sangat tradisional menjadi kompleks yang mampu melibatkan sosial-emosional penggunanya, sehingga dimanfaatkan sebaik mungkin oleh lembaga pendidikan tinggi yang saat ini reputasinya juga berkaitan dengan perangkingan. Kebutuhan akan pengembangan website sebagai media promosi menjadi sebuah kebutuhan yang berkelanjutan, sebagaimana ITS yang secara terus menerus berusaha memperbaiki citra positif dan berdampak pada rangking bersakala Internasional. Metode yang akan digunakan adalah penggalian data dengan mewawancarai stake holder yang nantinya akan dimasukan dalam pengkajian design thingking. Untuk menyimpulkan strategi promosi website yang baik dilakukan uji coba pengguna yang diharapkan dapat memberikan input perbaikan desain struktur informasi, menyusun arsitektur web, membuat user interaction untuk web. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi dalam pengembangan website ITS yang tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga mampu melibatkan sosial-emosional stakeholder sehingga memiliki inisiatif melakukan akses website yang berdampak pada perangkingan.