2019 : Pengelompokan Perilaku Mahasiswa Pada Perkuliahan E-Learning Dengan K-Means Clustering

Sabar SE, M.Si


Abstract

Untuk menghasilkan proses pemodelan, serta menganalisa data, metode Clustering merupakan suatu metode yang dapat melakukan pengelompokkan dengan sistem partisi. Dalam melakukan pengelompokkan nilai E-learning serta jejak aktifitas kami menggunakan Algoritma K-Means. K-Means merupakan sebuah metode yang bersifat tanpa arahan. Algoritma K-Means dapat membantu mengelompokkan data serta informasi dari setiap nilai centroid dari setiap cluster. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan perilaku mahasiswa pada perkuliahan berbasis E-Learning dengan menghitung jarak antara total nilai mahasiswa dari mata kuliah E-Learning dan jejak aktifitas yang dilakukannya. Pengelompokan ini dilakukan dengan membaginya menjadi 3 cluster. Data yang kami kelola sebanyak 109 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan E-Learning. Titik centroid awal yaitu M4, M73, M104 dihitung …