2019 : Logbook sebagai Alat Perancangan Dalam Proses Pembelajaran Studio Perancangan Arsitektur

Dr. Ir. Vincentius Totok Noerwasito
Dr. Arina Hayati S.T., M.T.
Iwan Adi Indrawan S.T., M.Ars.
Fenty Ratna Indarti S.T., M.Arch


Abstract

Logbook merupakan sebuah buku yang kerap dipergunakan sebagai media mahasiswa studio perancangan arsitektur dalam berproses. Ia merupakan media kertas tempat menuangkan dan merekam proses berpikir mahasiswa dalam menghasilkan sebuah karya. Alih-alih sebuah media pada esensinya logbook memiliki peran sebagai alat perancangan dalam proses pembelajaran karena sifatnya yang mampu menjadi pengantar diskusi-diskusi ilmiah yang terjadi antara pembimbing yang dalam hal ini adalah dosen pengajar dan mahasiswa. Pada beberapa kasus dalam studio logbook memiliki peran yang besar dalam proses pembelajaran, namun adakalanya ia justru dapat menghambat pekerjaan karena mahasiwa akan memiliki dua pekerjaan rumah yang memiliki sisi yang sama. Hal ini yang terkadang dikeluhkan oleh mahasiwa. Disisi lain pembimbing kerap hanya melihat dari sisi hasil akhir mahasiswa sehingga penelusuran akan proses pembelajaran yang mereka terima dari awal hingga akhir kurang terperhatikan dengan baik. Dalam penelitian ini melihat sejauh mana peran logbook itu bagi proses pembelajaran dalam studio perancangan jika dilihat sebagai alat perancangan. Dari serangkaian penelusuran ,hasil yang didapat adalah adanya korelasi antara mekanisme studio perancangan yang berjalan dengan logbook itu sendiri. Serta logbook memiliki peran yang penting dalam proses perancangan. Kesimpulan dari penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat bagi akdemisi sebagai masukan dan evaluasi. Luaran penelitian adalah publikasi artikel terkait pada jurnal nasional.