2018 : STRATEGI PROMOSI KARYA KEARIFAN LOKAL DEPARTEMEN DESAIN PRODUK ITS BAGI PENINGKATAN PRODUKTIFITAS UMKM DI SURABAYA

Ari Dwi Krisbianto S.T., M.Ds.
Zamrud Mufida S.Sos
Aroem Anjani

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran besar terhadap perekonomian Indonesia. Melihat banyaknya karya improvment dan inovasi dari ide kreatif hasil dari tugas akhir dan penelitian oleh sivitas Despro ITS, yang memiliki nilai ekonomis dan mampu menciptakan peluang usaha yang dapat di produksi oleh kalangan UMKM, maka perlu mensosialisasikan karya kreatif tersebut kepada khalayak sasaran dengan studi kasus pelaku UMKM di wilayah Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali fakta-fakta yang terjadi di lapangan yang dapat menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Sedangkan tujuan khususnya untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi melalui media tatap muka/ langsung dan media digital akan berpengaruh signifikan terhadap suatu karya improvment dan inovasi dari ide kreatif hasil dari tugas akhir dan penelitian sivitas Despro ITS untuk diaplikasikan dan diproduksi oleh kalangan UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menguraikan temuan dari data kegiatan strategi promosi, yang diperoleh dengan melakukan observasi atau pengamatan langsung (catatan lapangan) dan wawancara terhadap kelompok UMKM di Surabaya. Berikutnya melaksanakan seminar mengenai karya improvment dan inovasi dari ide kreatif hasil dari tugas akhir dan penelitian oleh sivitas Despro ITS dan bagaimana memanfaatkan media digital http://ossi.despro.its.ac.id sebagai rujukan pengembangan produk UMKM. Tahap terakhir, peserta dari kalangan UMKM di wilayah Surabaya yang dilibatkan dalam penelitian ini di minta tanggapan melalui kuesioner dan selanjutnya data diuji menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Riset ini menunjukkan bahwa sesungguhnya karya-karya improvment dan inovasi sivitas Despro ITS mempunyai peluang besar yang dapat digali dan dikembangkan serta diaplikasikan/ produksi sesuai tema-tema kekinian dan preferensi konsumen yang akan ditarget UMKM .