2018 : STRATEGI INTERNASIONALISASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSAING PERUSAHAAN DI INDONESIA

Imam Baihaqi S.T., M.Sc., Ph.D.
Muhammad Saiful Hakim S.E., M.M.
Aang Kunaifi S.E., MSA.Ak.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perkembangan globalisasi yang semakin maju menjadikan perusahaan untuk terjun ke dunia internasional. Perekonomian Indonesia yang berada pada kondisi emerging market, menjadikan internasionalisasi sebagai salah satu cara untuk berkembang lebih maju. Sehingga saat ini perusahaan berlomba-lomba melakukan internasionalisasi untuk melakukan ekspansi pasar. Cara internasionalisasi yang banyak dilakukan perusahaan yaitu melalui kegiatan ekspor dan foreign direct investment (FDI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan pengaruh internasionalisasi terhadap kinerja perusahaan, serta membagi perusahaan berdasarkan tingkat internasionalisasi dan kinerja perusahaan. Desain penelitian ini menggunakan konklusif deskriptif multiple cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tercatat tahun 2010 hingga 2016.