2018 : PENGEMBANGAN MODEL FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN PENGGUNA BISNIS ONLINE STORE : SEBUAH PENDEKATAN ERGONOMI KOGNITIF

Dyah Santhi Dewi S.T., M.Eng.Sc., Ph.
Ratna Sari Dewi S.T, M.T
Adithya Sudiarno ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Bisnis online store mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Diperkirakan jumlah konsumen online store atau e-store akan terus meningkat secara signifikan di Indonesia. Untuk dapat meningkatkan jumlah pengguna e-store, maka perlu diketahui faktor yang dapat mempengaruhi customer di dalam melakukan pembelanjaan (e-purchase) dan bahkan melakukan pembelanjaan berulang (e-repeat purchase). pada bisnis online. Beberapa penelitian terdahulu telah dilakukan untuk menemukan factor-faktor yang mempengaruhi. Sebagai contoh, pada penelitian Lab Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja pada tahun 2017 telah disimpulkan faktor emotional design yang direpresentasikan oleh variabel Perceived Visual Appeal (PV) mempengaruhi secara significant e-repeat purchase. Adapun indikator yang paling berpengaruh terhadap Perceived Visual Appeal (PV) adalah indikator tampilan menarik yang artinya bahwa persepsi visual pengunjung amat dipengaruhi oleh tampilan menarik online store. Penelitian sebelumnya juga menyimpulkan bahwa terdapat factor lain yang mempengaruhi pembelian berulang pada online store (e-repeat purchase). Penelitian ini karenanya ingin mengembangkan penelitian sebelumnya untuk menemukan faktor lainnya yang mempengaruhi e-repeat purchase.