2018 : Metode Rancang Merge Programming dengan Algoritma Manual dan Komputasi pada Arsitektur

Dr.Ing.Ir. Bambang Soemardiono
Endy Yudho Prasetyo ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Arsitektur yang dalam perwujudannya berupa bangunan hakikatnya adalah sebuah objek yang digunakan oleh manusia sebagai pelindung dari gangguan alam yang tidak diinginkan. Arsitektur sangat erat kaitannya dengan fungsi, yang mana fungsi tersebut didefinisi dari kegiatan manusia sebagai pengguna di dalamnya. Fungsi-fungsi tersebut sedikit banyak mempengaruhi arsitektur. Sehingga berkembanglah fungsi-fungsi di arsitektur yang pada gilirannya mendasari apa yang disebut building types (pengkategorian tipe bangunan berdasarkan fungsinya), yang idealnya, pengkategorian tersebut akan berkembang sesuai pekerbangan fungsi dan aktifitas manusia. Namun pada kenyataanya perkembangan kategori tersebut tidak mampu memfasilitasi perkembangan tipe aktifitas manusia. Banyak sekali contoh kasus dimana sebuah bangunan tidak digunakan sebagaimana ide bangunan tersebut pertama kali direncanakan. Namun yang menarik adalah penggunan bangunan yang tidak pada tempatnya tersebut tidak terdapat masalah dalam kasus tertentu. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat sebuh hubungan yang fleksibel antara fungsi dengan bangunan yang menaunginya, seperti yang diungkapkan oleh Bernard Tschumi dalam bukunya berjudul Architecture and Disjunction yang dijelaskan dalam fenomena Crossprogramming, Transprogramming dan Disprogramming. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ide pembacaan programming yang paparkan oleh Bernard Tschmi kedalam sebuah metode rancang untuk dapat mempermudah aplikasi programming tersebut ke dalam proses perancangan arsitektur. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebuah metode rancanga program baik secara manual maupun komputasi. Dimana proses komputasi akan menggunakan perangkat lunak Grasshopper, sebuah aplikasi digital sebagai plug-in dari perangkat lunak Rhinoceros. Kata kunci: arsitektur, programming, algoritma.