2017 : Identifikasi dan Kesamaan Pola Dokumen Marketing dengan Bayesian Network

Dr.Drs. Soehardjoepri M.Si.
Prof., Drs. Nur Iriawan MIKom.,Ph.D.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perkembangan teknologi internet dewasa ini sangat pesat. Hal ini diiringi juga dengan semakin berkembangnya teknologi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, sehingga mengakibatkan munculnya suatu cabang ilmu baru dalam teknologi informasi, yaitu pencarian informasi (information retrieval). Hal ini sangat membantu dalam dunia bisnis, khususnya masalah marketing untuk memperkenalkan produk atau jasa.\n Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat deteksi kesamaan pola dokumen marketing berdasarkan munculnya tiga term pertama di setiap kalimat dalam brosur. Brosur ini di skenario untuk bidang Information Technology (IT), transportasi, kuliner, kebutuhan pokok, minuman, pariwisata, sosial dan pendidikan.\n Hasil yang diperoleh berupa cara identifikasi dan kesamaan pola dokumen marketing dari munculnya tiga term pertama yang pembedaannya menggunakan pendekatan Bayesian Network (BN) dan likelihood ratio test dalam dokumen marketing. Cara pendeteksian pola tersebut terbukti telah mampu membedakan beberapa dokumen marketing yang diuji cobakan.