2018 : Modul Pelatihan Blog

Abdulloh Afif

Year

2018

Published in

hanya untuk kalangan terbatas (tidak dicetak komersial)

External link

Type

BOOK

Keywords

-


Abstract

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki keunggulan nilai komoditas yang sangat tinggi. Tidak banyak negara di dunia yang memiliki ciri khas budaya seperti batik. Dan hanya Indonesia yang memiliki ragam corak batik yang luar biasa banyaknya. Jika bertahun-tahun masyarakat mengenal batik sebagai bagian dari budaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta, maka saat ini kita telah mengenal ragam corak batik dari berbagai daerah lain di Indonesia. Hampir setiap propinsi memiliki corak batik yang sangat khas. Bahkan sekarang banyak kota dan kabupaten yang telah mendeklarasikan corak batik yang spesifik. Dan salah satu kekayaan batik nusantara yang perlu dipopulerkan adalah Batik Cerme khas Kabupaten Gresik. Tentu keberagaman corak yang sangat banyak ini memerlukan upaya serius untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkannya. Dan salah satu caranya adalah dengan mengembangkan pemasarannya. Strategi pemasaran yang tepat dan jitu dapat memperkenalkan ciri khas batik suatu daerah, sekaligus dapat mendongkrak omzet penjualan para perajin batik itu sendiri. Dimana peningkatan penjualan tentu berdampak pada banyak hal. Diantaranya penguatan branding, kelangsungan hidup usaha, meningkatnya kreatifitas perajin, harga jual yang semakin kompetitif, dan lain sebagainya. Strategi pemasaran yang baik tentu saja tidak hanya membenahi pola pemasaran secara konvensional pada pasar tradisional, tetapi juga harus mulai merambah pasar global. Jika pada pasar tradisional berfokus pada perluasan area pemasaran domestik (jual putus dan pameran) serta sistem transaksinya. Maka pada pada global adalah pada ketepatan memilih metode dan teknologinya. Karena perdagangan pasar global yang didominasi penggunaan internet, tentu penguasaan pengetahuan tentang seluk beluk e-commerce beserta teknologi pendukungnya juga harus dikuasai. Setelah itu baru menentukan pendekatan/metode yang akan digunakan untuk bersaing di pasar global. Oleh karenanya diperlukan upaya serius untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kemampuan teknis para perajin dan pelaku UMKM khususnya batik cèrme ini agar siap merambah pemasaran melalui internet. Kata kunci: batik cerme, strategi pemasaran, pasar global, e-commerce, pengetahuan dan kemampuan teknis