2020 : Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu Barbasis ISO 9001: 2018 pada Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Tito Hidrathul Qudsi, A.Md
Indri Meilani
Restu Sri Rahayu S.Si

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember bercita-cita menjadi World Class Research University sehingga kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi penilaian utama dalam mencapai cita – cita tersebut. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi. Dengan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang sesuai perubahan zaman, dan dengan kegiatan pengabdian masyarakat penerapan teknologi mampu dirasakan oleh masyarakat dalam menyelesaikan masalah. Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat mempersiapkan untuk Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) sehingga mampu meningkatkan mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan. Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 sejalan dengan penerapan“Good Corporate Governance�dan diinintegerasikan dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal Standar Pelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi komplain dan memberikan kepastian pelayanan kepada pelanggan, sehingga pada akhirnya, meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode pendekatan proses PDCA, "Plan, Do, Check, Act" (Rencanakan, Kerjakan, Cek, Tindak lanjuti), adalah suatu proses pemecahan masalah empat langkah iteratif yang umum digunakan dalam pengendalian kualitas.