2017 : SIMULASI DAN PREDIKSI KEBISINGAN KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA

Ir. Wiratno Argo Asmoro M.Sc
Bagus Tri Atmaja S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kebisingan merupakan kondisi ketidaknyamanan akibat adanya bunyi yang mengganggu. Pada\nkereta api, kebisingan diakibatkan oleh komponen-komponen kereta api yang mengemisikan sumber\nbising serta bising utama dari rolling noise, yakni gesekan antara roda kereta api dengan rel. Bising\ntersebut berinteraksi dengan komponen-komponen lainnya melalui medium menjalar baik ke dalam\nkereta maupun ke luar, di lingkungan sekitarnya. Bising di dalam dan di luar kereta diatur oleh\nperaturan menteri perhubungan yang harus dipatuhi oleh semua kereta yang beroperasi di Indonesia.\nPenelitian ini mengusulkan pemodelan dan prediksi kebisingan kereta api, khususnya kereta Bandara\nSoekarno-Hatta yang direncanakan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2017. Dengan mengetahui\nkarakteristik desain awal kereta tersebut serta hasil pengukuran kereta rel listrik (KRL) sebelumnya,\nyakni KRL-KfW, maka kebisingan yang diemisikan kereta Bandara Soetta dapat disimulasikan dan\ndiprediksi. Usulan penelitian ini dapat dibagi menjadi tiga tahap: hypothesis building dan data\npreparation, modeling and simulation, serta data interpretation. Tahap hypothesis building dan data\npreparaion merupakan tahap pre-preliminary, dimana pada tahap tersebut dilakukan persiapan, studi\nliteratur dan hipotesis yang dibangun berdasarkan teori dan fenomena fisis yang dipelajari. Pada tahap\nselanjutnya, yakni tahap modeling and simulation, desain kereta Bandara Soetta yang dibuat oleh\nINKA diimplementasikan pada 3 dimensi CAD dan dilakukan analisis dengan perangkat lunak CFD\ndan akustik. Hasil dari modeling and simulation tersebut berupa hasil simulasi dan prediksi kebisingan\nkereta Bandara Soetta berdasarkan model yang dibangun. Pada tahap terakhir, dilakukan interpretasi\ndata melalui validasi dengan data pengukuran di lapangan. Berdasarkan hasil validasi pengukuran\ndapat diketahui sejauh mana model dan simulasi mampu memprediksi bising yang ditimbulkan kereta\nbandara. Pemodelan dan simulasi dapat dioptimasi kembali untuk menghasilkan prediksi yang lebih\nbaik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap desain kereta selanjutnya\ndalam hal pengurangan kebisingan yang diemisikan kereta tersebut.\n\nKata kunci: kebisingan, kereta api, rolling noise