2017 : TELAAH PENDEKATAN HEURISTIK DALAM METODE PENELITIAN DESAIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TUGAS AKHIR MAHASISWA

Eri Naharani Ustazah ST.
Ellya Zulaikha ST, M.Sn, Ph.D
Arie Kurniawan S.T., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Masa kelulusan mahasiswa desain produk yang rata-rata di atas 5 tahun sebagian besar disebabkan oleh lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh tugas akhir dan kuliah desain produk konseptual yang masing-masing membutuhkan waktu lebih dari 1 semester. Permasalahan umum yang terjadi pada mata kuliah tersebut adalah karena mahasiswa harus melakukan metode penelitian desain.\nBidang desain memiliki kekhasan yang tidak dapat disamakan dengan metode penelitian saintifik maupun pemasaran. Bahkan meski dalam rumpun ilmu yang sama, penelitian desain juga berbeda dengan kerajinan dan seni. Ketidak-mengertian atau ketidak-sepakatan mengenai kekhususan bidang desain ini kadang menyebabkan terjadinya perbedaan pendapat yang sulit mencapai titik temu ketika para penguji dan para pembimbing harus menghadapi proyek penelitian mahasiswa tugas akhir. Akibatnya kelulusan mahasiswa Desain Produk mengalami perlambatan. Pendekatan saintifik dalam penelitian desain pada beberapa kasus justru berujung pada tumpulnya kreatifitas, atau keterbatasan berinovasi, sehingga tidak mudah menghasilkan desain-desain yang out of the box.\nSalah satu metode yang dapat diterapkan untuk mensiasati kompleksitas sekaligus kekhususan bidang desain adalah metode heuristic (heuristic). Metode heuristik digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah secara praktis dengan terlebih dahulu mengabaikan apakah solusi tersebut dapat dibuktikan dengan benar.\nTujuan penelitian ini adalah memberikan panduan mengenai penelitian desain dalam studi kasus-studi kasus agar jelas perbedaannya dengan penelitian saintifik atau penelitian pemasaran, juga perbedaannya dengan bidang seni atau kerajinan. Penelitian ini juga akan memberikan panduan mengenai metode peneltian untuk beberapa varian bidang desain yang umum (produk fashion/apparel, appliance, furnitur dan transportasi). Selanjutnya, diharapkan panduan penelitian desain tersebut dapat mendorong kesepakatan antar dosen desain Desain Produk dalam membimbing dan mengevaluasi Tugas Akhir mahasiswa. Dengan demikian, waktu pengerjaan Tugas Akhir oleh mahasiswa dapat lebih efisien dengan penekanan pada eksplorasi kreativitas dan inovasi sekaligus hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.\n