2019 : KAJIAN NUMERIK RESPON GERAK GLOBAL DAN TALI TAMBAT STRUKTUR TURBIN ANGIN LEPAS PANTAI TERAPUNG TIPE SPAR

Ir. Handayanu M.Sc, Ph.D
Ir. Murdjito
Dr. Eng. Rudi Walujo Prastianto ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Di Indonesia, salah satu daerah perairan yang memiliki potensi yang baik untuk instalasi Floating Offshore Wind Turbine (FOWT) adalah Laut Natuna yang memiliki kecepatan angin rata-rata cukup baik yaitu berkisar 7,0 – 11,0 m/s. Selain itu perairan Laut Natuna memiliki kedalaman sekitar 80 – 100 m dengan ketinggian gelombang yang tidak terlalu besar. Kondisi seperti ini menjadi lingkungan yang cocok untuk instalasi Floating Offshore Wind Turbine. Untuk itu perlu dilakukan investigasi pemilihan jenis struktur dan analisis respon geraknya sehingga didapatkan konfigurasi struktur yang tepat untuk perairan tersebut. Penelitian yang diajukan ini akan mengkaji analisis respon gerak global struktur turbin angin lepas pantai terapung jenis SPAR beserta analisis sistem tali-tambatnya melalui pemodelan numerik dengan menggunakan software open source FAST. Dipilih Spar karena mengadopsi pengalaman sukses pemakaian struktur jenis ini di bidang migas lepas pantai. Spar ini memiliki fitur khusus yaitu dengan deep-draft sehingga karakteristik gerakannya sangat baik/stabil karena SPAR sifatnya tidak terlalu terpengaruh oleh angin, gelombang maupun arus laut, jika dibandingkan dengan konsep jenis struktur terapung lainnya. Pamakaian Spar ini bahkan mampu hingga kedalaman perairan 10,000 ft (= 3.048 m). Analisis dilakukan untuk dua kondisi yaitu parking condition dan operation condition, dengan memvariasikan arah beban lingkungannya (gelombang dan angin) yaitu 0o (arah depan tegak lurus turbin), 45o, dan 90o (arah samping turbin) serta variasi besar kecepatan anginnya. Sementara itu, parameter sudut kemiringan tali-tambat terhadap badan struktur Spar nya juga divariasikan, sehingga didapat konfigurasi mooring yang terbaik. Dengan lingkup analisis seperti ini diharapkan akan diperoleh konfigurasi struktur Spar beserta mooring system nya yang tepat sehingga dapat menghasilkan respon gerak global moda vertikal (heave, roll, dan pitch) yang kecil/stabil. Dengan demikian selama beroperasinya Spar tidak akan mengalami kegagalan serta gerakannya tidak mengganggu atau menyebabkan turunnya efisiensi kinerja turbin anginnya itu sendiri.