2019 : APLIKASI MODEL SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES (SMMA) UNTUK PENINGKATAN NILAI PRODUK, RESPONS PELANGGAN, DAN PERFORMA BISNIS PADA UMKM

Imam Baihaqi S.T., M.Sc., Ph.D.
Berto Mulia Wibawa S.Pi., M.M

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pergeseran perilaku konsumen terlihat jelas dengan telah berubah fungsinya jejaring sosial, yang awalnya hanya digunakan sebagai fasilitas pertemanan dan hiburan kini telah menjadi semi-marketplace dimana setiap perusahaan dapat mempromosikan dan menjual produknya kepada konsumen. Respon pelanggan sangat dibutuhkan perusahaan sebagai hasil dari pemasaran media sosial yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan yang mengikuti media sosial terutama milik UMKM, menganalisis pengaruh Social Media Marketing Activities (SMMA) terhadap respon pelanggan melalui mediasi ekuitas merek perusahaan UMKM di Indonesia untuk meningkatkan respon positif pelanggan, nilai produk, dan performa bisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan desain multiple cross sectional, Pengambilan sampel dilakukan dengan metode quota sampling yang dibantu dengan instrumen kuesioner online, kemudian data dianalisis dengan alat analisis Structural Equation Modeling dan ANOVA. Hasil penelitian dapat digunakan oleh para pelaku usaha terutama UMKM untuk meningkatkan nilai produk dan performa bisnisnya dengan optimalisasi media sosial untuk mendapatkan respons pelanggan yang lebih baik terutama terhadap aspek pemasaran produk dan peningkatan performa bisnisnya.