2018 : Kajian Tingkat Kepuasan Pemustaka dengan Metode Libqual+TM sebagai Dasar Kebijakan Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan MMT-ITS

Gita Widi Bhawika S.ST.,M.MT
Mizati Dewi Wasdiana S.Hum
Dr. Ir. Tatang Akhmad Taufik M.Sc

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perpustakaan dalam institusi perguruan tinggi memegang peranan dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Peran tersebut juga dimiliki oleh Perpustakaan MMT-ITS yang merupakan perpustakaan yang bernaung di Departemen Manajemen Teknologi ITS. Pengelola Perpustakaan MMT-ITS telah menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai. Sayangnya, kunjungan per harinya hanya 10-20 mahasiswa dari total 120 mahasiswa yang aktif kuliah setiap harinya. Mahasiswa yang ke perpustakaanpun biasanya menghabiskan waktu hanya sekitar 60-90 menit di perpustakaan, padahal waktu buka perpustakaan setiap harinya cukup panjang sekitar 10 jam. Oleh sebab itu, pengelola bersama peneliti berusaha merumuskan suatu kebijakan untuk meningkatkan jumlah pemustaka dan menciptakan atmosfer akademik yang mendukung misi Departemen Manajemen Teknologi di Bidang Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pemustaka terhadap perpustakaan MMT-ITS dan berupaya memperoleh rumusan kebijakan pengembangan kualitas perpustakaan MMT-ITS. Dengan memperhatikan tujuan di atas, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Libqual+TM yang digunakan untuk mengukur kepuasan pemustaka dari dimensi Affect of Service, Information Control dan Library as Place. Dalam penelitian ini digunakan pula metode Quality Function Deployment (QFD) yang digunakan dalam perumusan kebijakan untuk mengetahui dimensi lain yang dianggap penting oleh pemustaka dalam mencapai kepuasan. Setelah mendapatkan dan menganalisis hasilnya, maka dapat dirumuskan suatu kebijakan terkait peningkatan jumlah pemustaka di perpustakaan MMT-ITS. Penelitian ini harapannya dapat menghasilkan kajian yang komprehensif tentang kepuasan pemustaka di Perpustakaan MMT-ITS dan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas layanan perpustakaan MMT-ITS dengan adanya inovasi yang bertujuan meningkatkan kepuasan pemustaka MMT-ITS. Selain itu, bukan tidak mungkin penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi perpustakaan lain untuk meningkatkan minat kunjungnya.