2018 : Efektifitas Penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Daerah Perkotaan (Studi Kasus Kota Kediri)

Ir. Hera Widyastuti M.T., Ph.D.
Cahya Buana ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kemacetan merupakan permasalahan transportasi yang terjadi di Indonesia yang dikarenakan semakin bertambahnya volume kendaraan bermotor. Salah satu upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan adalah dengan menerapkan Ruang Henti Khusus (RHK) untuk sepeda motor. Teknologi RHK pertama kali diterapkan di Inggris yang dikenal dengan istilah Advanced Stop Lines (ASLs). RHK berupa marka yang memisahkan antrian antara sepeda motor dengan kendaran roda empat atau lebih pada saat berhenti di pendekat simpang bersinyal selama nyala merah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan Ruang Henti Khusus untuk sepeda motor pada beberapa persimpangan yang sudah menerapkannya di daerah perkotaan (studi kasus Kota Kediri). Tinkgkat efektifitas diukur berdasarkan perhitungan tingkat kinerja simpang bersinyal pada saat sebelum dan sesudah penerapan RHK tersebut. Harapan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui besar pengaruh penerapan RHK pada lokasi simpang bersinyal sebagai salah satu cara melakukan manajemen lalu lintas persimpangan daerah perkotaan, Kata kunci : Simpang Bersinyal, Ruang Henti Khusus, Sepeda Motor