2018 : KONSEP PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK MENCAPAI PROYEK JALAN RAYA YANG SUSTAINABLE DI KOTA SURABAYA

Cahya Buana ST., MT.
Moh. Arif Rohman ST., M.Sc

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Jalan raya merupakan fasilitas yang sangat penting dalam mengakomodasi kebutuhan pergerakan barang dan jasa. Mengingat jalan raya merupakan proyek konstruksi yang mencakup area sangat besar dan memiliki daur hidup yang cukup panjang, maka dampaknya terhadap asyarakat dan lingkungan juga akan cukup besar dan berjalan lama. Sehubungan dengan kondisi di atas maka konsep sustainable development sangat penting untuk diimplementasikan pada proyek jalan raya. Prinsip sustainable infratruktur bertujuan agar jalan raya dapat menjadi sarana yang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat sebagai pengguna akhir serta meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan akibat keberadaaanya baik untuk masa sekarang maupun mendatang. Terkait dengan kebutuhan untuk mewujudkan sustainability di atas, konsep partisipasi diyakini sebagai cara yang tepat untuk mewujudkan konsep pembangunan berkelanjutan pada proyek infrastruktur, termasuk jalan raya. Partisipasi masyarakat diharapkan mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat dan memasukkannya dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan rencana dan rancangan proyek. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan yang ada pada literatur dengan mencari konsep partisipasi masyarakat untuk mewujudkan jalan raya yang sustainable di Kota Surabaya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif mengingat sampai saat ini belum banyak penelitian yang dilakukan dengan metode ini. Data penelitian diambil dari persepsi stakeholder proyek jalan raya agar bisa didapatkan pemahaman yang komprehensif. Jalan raya yang menjadi obyek penelitian adalah beberapa jalan raya yang dibangun setelah masa reformasi tahun 1998 dan saat ini telah difungsikan (berada pada tahap operasi). Pertimbangannya adalah pada masa reformasi proses partisipasi masyarakat pada pembagunan jalan raya dapat berjalan dengan lebih baik karena iklim politik yang lebih demokratis. Responden penelitian secara umum dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu pemerintah, pihak swasta dan masyarakat. Beberapa metode statistik digunakan untuk mengolah data yang meliputi analisis deskriptif, anaysis of variance (ANOVA), uji reliabilitas dan validitas, uji korelasi, dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan didapatkan model partisipasi yang sesuai untuk proyek jalan raya di Surabaya untuk mewujudkan sustainable transport.