2017 : Studi Aerodinamika Untuk Shifted Downstream Winglet Pada Fix Wing Unmanned Aerial Vehicle

Prof. Ir. Sutardi M.Eng., PhD.
Wawan Aries Widodo ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Abstrak\nWinglet adalah salah satu aksesoris pada sayap pesawat yang memungkinkan penambahan performansi sayap tanpa harus memperlebar wingspan (bentangan sayap pesawat). Winglet berfungsi untuk meredam pusaran aliran (vortex) pada bagian ujung sayap yang disebabkan pertemuan aliran udara dari bagian bawah sayap yang bertekanan tinggi dengan aliran udara bagian atas sayap yang bertekanan rendah yang menyebabkan terjadinya turbulensi. Putaran udara ini juga menyebabkan pesawat membutuhkan energi yang lebih besar agar dapat stabil di udara, sehingga akan boros bahan bakar. \nPenelitian ini dilakukan dengan simulasi numerik dan eksperimen. Simulasi numerik mengunakan software Solidwork 2015 dan Ansys Fluent 17.2. dengan model turbulen k-? SST. Kecepatan aliran freestream yang akan digunakan sebesar 10 m/s (Re = 2,3 x 104) dengan sudut serang (a) = 0o, 2o, 4o, 6o, 8o, 10o,12o,15o,17o,19o dan 20o. Model benda uji berupa airfoil Eppler 562 (E562) dengan dan tanpa winglet. Dari penelitian yang dilakukan, diharapkan dapat mengetahui efek penggunaan wingtip fence/shifted downstream winglet pada sudut serang yang berbeda terhadap performa aerodinamika sayap. Pemilihan dan penggunaan wingtip fence/shifted downstream winglet bertujuan untuk mencari koefisien drag (CD) yang sekecil-kecilnya dan koefisien lift (CL) setinggi-tingginya sehingga rasio koefisien drag (CD), dan koefisien lift (CL) selalu tinggi. \nPenelitian direncanakan terselesaikan dalam 6 (enam) bulan di luar persiapan penulisan proposal. Total biaya yang dianggarkan Rp. 34.790.200,00. Dari Departemen Teknik Mesin. Penelitian diproyeksikan minimal melibatkan 2 (dua) orang mahasiswa S-1 dan 1 (satu) mahasiswa S-3 dan diharapkan dari penelitian ini menghasilkan Tugas Akhir dan Disertasi mahasiswa. Luaran dari penelitian direncanakan berupa artikel untuk dipresentasikan di dalam Seminar Internasional (minimal 3 artikel) pada tahun 2017 dan Jurnal Internasional (minimal 1 artikel) pada tahun 2018.\nKata kunci: airfoil, winglet, E562, gaya lift, dan gaya drag