2019 : RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALIAN KECEPATAN PADA MOTOR AC MENGGUNAKAN METODE HYBRID FIELD-ORIENTED CONTROL DAN PID

Ninditya Nareswari M.Sc
Ir. Harsono MT., Ph.D
Ede Mehta Wardhana S.T., M.T
Mariyanto S.Si., M.T
Lucky Putri Rahayu S.Si., M.Si.
Ervin Nurhayati S.T.,M.T.,Ph.D
Murry Raditya S.T., M.T.
Sefi Novendra Patrialova S.Si., M.T
Maratus Sholihah S.T., M.T
Iftita Rahmatika S.T., M.Eng
Okta Putra Setio Ardianto S.T.,M.T
Ardi Nugroho Yulianto S.T.,M.T
Gita Marina Ahadyanti S.T., M.T
Adhi Iswantoro S.T.,M.T
Fadilla Indrayuni Prastyasari S.T., M.Sc
BANU PRASETYO S.FIL.,M.FIL
Danu Utama S.T.,M.T
Muhammad Luthfi Shahab S.Si.,M.Si


Abstract

Penggunaan motor AC menjadi pilihan utama dalam industri dikarenakan kemampuan torsi yang besar, kecepatan yang dapat diatur dan kemudahan dalam instalasi dan perawatan. Pengendalian kecepatan motor AC umumnya menggunakan metode skalar, yaitu V/f. Metode V/f memiliki kelemahan dalam respon kondisi transient dan steady. Salah satu solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut digunakan metode pengendalian vektor, yaitu field-oriented control (FOC). Pada penelitian sebelumnya, Zineb Mekrini, 2016 melakukan simulasi pengendalian pada motor AC asynchronous. Sedangkan, Jose Jacob, 2017 melakukan simulasi pengendalian motor AC PMSM. Kedua penelitian ini memiliki kesamaan yaitu pengendalian masih sebatas simulasi MATLAB/Simulink. Sehingga, pada proposal peneliti pemula ini diajukan penelitian mengenai implementasi pada driver motor AC dengan metode kontrol hybrid field-oriented control dan PID. Kedua metode kontrol ini akan dipadukan untuk menghasilkan perbaikan performa kontrol pada kondisi transient dan steady. Penelitian ini memiliki dua tahapan utama, yaitu tahap simulasi dan implementasi. Tahap simulasi dan implementasi digunakan sebagai bahan validasi dan komparasi terhadap hasil penelitian. Penelitian ini juga merupakan kelanjutan dari penelitian inverter buck-boost yang telah dilakukan sebelumnya oleh penulis utama.