2019 : INVESTIGATING A PLACE BRAND THROUGH UNDERSTANDING, ATTITUDE & ACTION INHABITANT : HERITAGE KAMPONG MASPATI SURABAYA

Ir. Baroto Tavip Indrojarwo M.Si
Denny Indrayana Setyadi ST., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pemahaman, sikap, dan aktifitas masyarakat setempat sebagai pelaku utama dari Place Brand merupakan modal dasar dalam upaya pembangunan serta pengembangan sebuah branding kawasan. Fenomena transformasi kawasan hunian dan pemukiman menjadi sebuah Kawasan destinasi wisata kota seringkali meninggalkan berbagai permasalahan internal serta berdampak eksternal yakni wujud dari kampung wisata itu sendiri. Pemahaman bersama tentang brand kawasan bagi penduduk setempat mutlak harus dirumuskan, sebelum menginjak pada sikap masyarakat, baik secara individual maupun kelompok, sampai kemudian menginjak pada tahap nyata yakni aktifitas atau aksi masyarakat dalam menciptakan sebuah branding kawasan yang konsisten dan berkelanjutan. Studi ini akan meneliti pemahaman dan pengetahuan, sikap, serta aktifitas masyarakat setempat dalam kaitannya dengan pengembangan branding kawasan kampung lawas Maspati sebagai kampung heritage kota Surabaya. Relasi hubungan antara pemahaman, sikap dan aksi masyarakat setempat akan dikaitkan dengan konsep brand place kampung lawas Maspati sebagai kampung heritage Kota Surabaya. Studi ini tergolong pada jenis studi Environmental Behavioral Studies atau EBS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai teknik, seperti obeservasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi data lapangan. Hal yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah sebuah rumusan pemahaman, sikap, dan aktifitas masyarakat setempat sebagai sebuah kawasan hunian dan pemukiman yang bertransformasi menjadi kawasan wisata heritage kota, untuk memperoleh dasar pengetahuan bagaimana sebuah Brand Place dapat dibangun, dikembangkan, secara konsisten dan berkelanjutan oleh masyarakat itu sendiri. Keyword : Brand Place, Kampung Heritage, Behavioral Studies