2019 : Strategi Penetapan Tarif Penumpukan Kontainer Sebagai Upaya Meningkatkan Utilitas Terminal Peti Kemas Banjarmasin

Prof.Dr.Ir. Budi Santoso M.E.
Stefanus Eko Wiratno ST, MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Penelitian ini akan mengkaji kebijakan penetapan tarif penumpukan yang sekarang berlaku di Container Yard Terminal Peti Kemas Banjarmasin. Tujuannya adalah memberikan pertimbangan mengenai tarif optimal berdasarkan alternatif strategi yang dapat mengurangi lamanya waktu penumpukan peti kemas. Selain itu, penelitian ini juga berfokus untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat dari pelayanan di Container Yard dari segi pengelola terminal peti kemas dan meminimalkan biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jasa jika diberlakukan penetapan tarif baru. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan non-cooperative game dan simulasi dinamik sebagai alat analisis yang sesuai dengan permasalah yang ada. Permasalahan yang dihadapi adalah murahnya tarif dasar untuk penumpukan peti kemas di area Container Yard. Tarif yang murah tersebut dimanfaatkan oleh pengguna jasa dalam menggunakan area penumpukan di Container Yard sehingga peti kemas tertumpuk terlalu lama menyebabkan dwelling time sampai 10 hari. Hal ini berdampak terjadinya efek kemacetan dan menurunnya utilitas di terminal peti kemas. Sistem keterkaitan antar satu penyebab dengan penyebab yang lain akan dimodelkan dengan simulasi dinamik sehingga didapatkan output estimasi arus peti kemas yang masuk. Selanjutnya dengan pendekatan non-cooperative game theory akan diperoleh payoff matrix yang berisikan total keuntungan yang diperoleh pengelola terminal peti kemas dan total biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jasa. Diharapkan akan ditemukan tarif optimal dari kedua sisi yaitu pengelola terminal dan pengguna jasa sehingga dapat membantu pihak manajerial terminal peti kemas untuk membuat keputusan yang tepat.