2019 : Rancang Bangun Electric Bicycles (E-Bike) Plug-in System sebagai Sarana Inovasi Green Vehicle Berbasis Metode Kontrol Fuzzy-PID (Studi Kasus pada Jalan Tanjakan)

Fitri Adi Iskandarianto S.T., M.T.
Brian Raafiu S.ST., M.T

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Teknologi green vehicle menjadi potensi luar biasa dalam perkembangan ilmu sistem otomasi dan instrumentasi. Banyak sekali keuntungan dan kemanfaatan yang didapatkan ketika teknologi green vehicle secara real digunakan. Electric Bicycles (E-bike) merupakan komoditas pasar green vehicle yang terus meningkat di kawasan benua eropa sebagai moda transportasi pribadi yang murah, sehat dan ramah lingkungan. Struktur yang sederhana, torsi tinggi dan power density, serta potensi biaya yang hemat menjadikan Motor DC sebagai kandidat kuat untuk traksi atau penggerak E-bike. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta membangun Electric Bicycles (E-bike) plug-in system dengan metode kontrol fuzzy-PID untuk memfasilitasi (E-bike) dalam melewati track tanjakan dan menstabilkan kecepatan putar (E-bike). Pengujian menggunakan studi kasus yaitu kasus track, jalan menanjak (inclined terrain) dan variasi beban pengguna (E-bike). Jalan menanjak ini memaksimalkan pengujian (E-bike), dalam mengatisipasi external dan internal disturbances. Parametric uncertainties dalam (E-bike) akan diantisipasi dengan hukum kendali non linier system menggunakan teknik kendali fuzzy-PID untuk kestabilan (E-bike). Sistem Electric Bicycles (E-bike) plug-in system ini akan dilengkapi dengan sensor lidar yang dapat berputar sebagai teknologi sistem radar dan monitoring dalam mengatasi obstacle saat (E-bike) beroperasi. Set point dalam sistem kendali Electric Bicycles (E-bike) ini berupa kestabilan kecepatan dalam mengatasi kondisi track menanjak. Penelitian ini mengimplementasi logika fuzzy adjustable parameter-parameter kontrol handal PID yang disajikan secara real time pada pengembangan supervisory control and data acquisition system dengan komunikasi wireless. Adapun penelitian ini dibagi menjadi empat tahap yang meliputi, rancang bangun sistem, karakterisasi sistem, validasi sistem dan pengujian sistem pada kasus track jalan menanjak. Adapun rancang bangun sistem terbagi menjadi dua yaitu: perancangan perangkat keras dan perangkat lunak. Komponen utama perangkat keras terdiri dari Electric Bicycles (E-bike) plug-in system, dan perangkat lunak adalah algoritma metode kontrol fuzzy-PID.. Selanjutnya, karakterisasi sistem juga akan dilakukan untuk mengetahui performansi sistem Electric Bicycles (E-bike). Kombinasi metode PID Fuzzy control akan dibandingkan dengan metode kontrol PID konvensional dan dianalisa dalam kinerja Electric Bicycles (E-bike) untuk kinerja tracking dan stabilization pada jalan menanjak (Inclined Terrain). Hasil dari penelitian ini akan dijadikan kemajuan ilmu kendali Electric Bicycles (E-bike), yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang menerapkan teknologi (e-bike). Kata kunci : Electric Bicycles (E-bike), Fuzzy-PID control, Inclined Terrain.