2018 : PENINGKATAN SURVIVAL STABILITY KAPAL RORO PADA KONDISI INTACT, DAMAGE DAN GELOMBANG

Ir. Wasis Dwi Aryawan M.Sc. Ph.D
Hasanudin S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kecelakaan kapal di dunia masih tinggi baik dalam kondisi cuaca tenang mapun bergelombang. Kecelakaan terbesar banyak dialami oleh kapal cargo akan tetapi korban terbesar dialami oleh kapal penumpang. Salah satu kapal penumpang yang sangat penting di adalah kapal RoRo, kapal ini sangat sesuai dengan kondisi geografis negara kepulauan yang mempunyai ribuan pulau. Selain itu kapal RoRo dapat mengangkut penumpang, barang dan kendaraan secara bersamaan yang sangat sesuai dengan kebutuhan angkutan laut yang ada di Indonesia. Kapal RoRo yang ada di Indonesia sebagian besar merupakan kapal bekas dari negara Jepang yang belum tentu sesuai dengan kondisi perairan Indonesia. Peningkatan keselamatan kapal RoRo perlu diteliti secara serius dan diterapkan di Industri Perkapalan guna mengurangi tingginya resiko kecelakaan dan korban jiwa. Dalam proposal ini diajukan penelitian tentang usaha-usaha peningkatan keselamatan kapal khususnya masalah survival stability kapal RoRo. Masalah yang diteliti terkait dengan peningkatan: stabilitas kapal utuh (intact), stabilitas kapal bocor (damage) dan stabilitas kapal digelombang. Proposal diajukan selama 3 (tiga) tahun dengan focus penelitian tahun pertama usaha peningkatan stabilitas kapal utuh (intact), tahun kedua usaha peningkatan stabilitas kapal bocor (damage) dan tahun ketiga usaha peningkatan stabilitas kapal digelombang. Output dari penelitian ini adalah berupa desain dan jurnal yang diharapkan dapat diaplikasikan langsung dalam desain dan modifikasi kapal. Guna memberikan manfaat dan pengaruh yang luas maka penelitian ini bekerjasama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai pihak yang berwenang dalam melakukan investigasi dan pencegahan kecelakaan kapal di Indonesia dan PT. Dharma Lautan Utama selaku perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal RoRo.