2018 : PENYUSUNAN KERANGKA KERJA UNTUK PENGUKURAN NILAI LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN VALUE ENGINEERING

Sholiq ST., M.Kom
Anisah Herdiyanti Prabowo S.Kom., M.Sc.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Penyampaian nilai (value delivery) telah menjadi fokus penting dalam pengelolaan layanan teknologi informasi yang menunjukkan kebermanfaatan dari investasi teknologi informasi. Namun, penyampaian nilai tersebut masih terbatas disebabkan karena: 1) minimnya pemahaman akan manfaat (benefits) yang dapat dijanjikan oleh penyedia; 2) kurangnya kesadaran pengguna layanan akan manfaat (benefits) yang diterima dari investasi teknologi informasi; 3) terbatasnya kajian mengenai metode pengukuran nilai (value) yang didefinisikan dalam literatur. Hal ini mendorong timbulnya permasalahan utama, yaitu: kurangnya dukungan TI dalam proses bisnis serta gagalnya teknologi informasi yang dapat memberikan value-added. Permasalahan tersebut memperkuat anggapan TI sebagai cost-centered sehingga investasi TI tidak lagi dapat menguntungkan bisnis. Penelitian ini berangkat dari pemahaman bahwa teknologi informasi berperan penting dalam mendukung penyediaan layanan teknologi informasi yang dapat memberikan nilai (value) kepada pengguna. Tantangan yang dihadapi bukan lagi hanya berasal dari aspek teknologi, namun juga aspek nilai yang diterima dan lebih jauh lagi manfaat yang didapatkan dari penyediaan teknologi informasi. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian dengan topik value in information technology services yang telah digagas pengusul semenjak tahun 2016. Penelitian sebelumnya lebih berfokus kepada nilai (value) yang dipandang dari sudut pandang penyedia dan sudut pandang pengguna; sementara penelitian selama dua tahun ke depan akan berfokus kepada pengukuran nilai dengan dari sudut pandang penyedia yang mempertimbangkan metode value engineering. Berangkat dari pentingnya mengukur kebermanfaatan teknologi informasi, tahap awal dari penelitian ini akan berfokus pada penyusunan kerangka kerja untuk mengukur nilai (value) layanan teknologi informasi dengan menggunakan pendekatan value engineering. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif eksporatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan metode-metode pengukuran nilai (value) layanan TI; serta kualitatif deskriptif dengan menyajikan kerangka kerja yang dihasilkan dari sintesis keterkaitan metode. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk peningkatan manfaat dari penyediaan layanan teknologi informasi.