2016 : PENGEMBANGAN PRODUK SOUVENIR DAN MERCHANDISE ITS MENDORONG PROGRAM REVENUE GENERATED ITS PTNBH

Denny Indrayana Setyadi ST., M.Ds.
Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Rabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.


Abstract

Program Revenue Generated ITS sebagai bagian dari Rencana Strategis ITS PTNBH 2015-2019 memberikan sebuah tantangan baru bagi ITS untuk mengembangkan bisnis usaha yang berangkat dari hasil intelektual seluruh civitas akademiknya. Salah satu peluang yang dapat diinisiasi adalah pengembangan produk merchendise resmi ITS sebagai produk komersial ITS. Upaya pengembangan produk merchendise ITS selama ini menemukan berbagai kendala, mulai dari inkonsistensi antara produk satu dengan lainnya, kualitas mutu dari produk yang ada, sampai dengan kualitas ide produk yang dihasilkan. Upaya pengembangan produk merchendise ITS ini dinilai sangat urgent untuk segera dilakukan melihat kebutuhan yang tinggi terhadap produk-produk merchendise resmi ITS untuk pelbagai kegiatan ITS.\nMetode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode perancangan varian desain produk. Beberapa tahapan penelitian meliputi : (1) identifikasi tipologi desain mercendise; (2) identifikasi konsumen dan kebutuhan produk merchendise ITS; (3) Pemetaan kategori produk merchendise; (4) Pengembangan varian desain produk merchendise; (5) analisis Material dan Bentuk Desain Merchendise ITS; (6) Pembuatan sampel 1 Produk prototype; (7) Penyusunan pedoman perancangan produk Souvenir ITS. Pendekatan yang digunakan pada pengembangan produk varian pada penelitian ini adalah Morphological Chart.\nHasil yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah teridentifikasinya lini produk merchendise ITS serta implementasinya, dan Sebuah panduan pengembangan desain produk merchendise pada tahapan produksi.\n\nKata Kunci : Merchendise, Product, Design, Morphological Chart , Sepuluh Nopember Institut of Technology.