2016 : PENGEMBANGAN KAPAL CREW HEMAT ENERGI SEBAGAI PENDUKUNG SUPLAI LOGISTIK OPERASI LEPAS PANTAI

Dr. Ir. I Ketut Suastika M.Sc
Teguh Putranto ST.,M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Sebagai pendukung suplai logistik operasi lepas pantai, kapal crew yang bergerak dengan kecepatan tinggi tidak hanya membutuhkan tenaga mesin utama yang relatif besar tetapi juga desain lambung yang efisien dan ekonomis dari segi hambatan. Akan tetapi, jika beban slamming yang diterima kapal terlalu besar maka dikhawatirkan akan terjadi kegagalan struktur di bagian haluan kapal. Selain itu, kapal bersarat rendah memiliki seakeeping yang relatif kurang stabil sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan. \n\nPT. Orela Shipyard bekerja sama dengan Jurusan Teknik Perkapalan ITS untuk mengembangkan desain kapal crew yang mampu meminimalkan hambatannya. Penelitian ini menitikberatkan pada analisa hidrodinamika dan hidroelastisitas terhadap desain lambung kapal crew yang meliputi hambatan, stabilitas, seakeeping dan hidroelastisitas slamming. Desain lambung dibagi menjadi 5 variasi kemiringan sudut deadrise yaitu kondisi awal, dinaikkan 5, 10 derajat dan diturunkan 5, 10 derajat. Perhitungan hambatan dilakukan secara numerik dengan teknik Computational Fluid Dynamics (CFD) sehingga akan mendapatkan desain lambung yang menghasilkan hambatan paling kecil. Setelah didapatkan desainnya, perhitungan stabilitas kapal utuh dilakukan dengan cara variasi loadcase dan perhitungan seakeeping dilakukan menggunakan metode panel dengan skenario sudut hadap 90 dan 180 derajat. Perhitungan hidroelastisitas slamming pada bagian haluan dilakukan dengan menggunakan analisa coupled fluid-structure. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan desain lambung kapal crew yang memiliki hambatan kecil namun masih menjamin stabilitas, seakeeping, dan kekuatannya.\n