2018 : Investigasi Perbedaan Kualitas Argumen dan Simbol Religius Pada Deskripsi Produk Makanan Halal yang ada pada Website E-commerce terhadap Sikap dan Niat Beli Konsumen Muslim di Indonesia

Dwi Oktavianto Wahyu Nugroho S.T., M.T
Ahmad Fauzan Adziimaa S.T., M.Sc
Ni Luh Putu Satyaning Pradnya Paramita S.Si., M.Si
Geodita Woro Bramanti S.T., M.Eng.Sc
Satria Fadil Persada S.Kom,MBA,Ph.D
Dewie Saktia Ardiantono S.T.,M.T
Varah Nuzulfah S.M.,MBA


Abstract

Beberapa penelitaian terdahulu telah banyak meneliti determinan sikap dan niat beli konsumen terhadap produk makanan halal. Namun, belum banyak penelitian yang secara spesifik membahas determinan sikap dan niat beli konsumen terhadap produk makanan halal di Indonesia. Terlebih, penelitian yang menggunakan metode eksperimen dengan Elaboration Lokelihood Model (ELM) sebagai teori dasar belum pernah dilakukan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk meneliti sikap dan niat beli konsumen terhadap produk makanan halal di Indonesia dengan menggunakan metode eksperimen dan ELM sebagai teori dasar. Model penelitian ini diuji melalui online survey terhadap 120 konsumen Muslim di Indonesia. Analysis of Variance (ANOVA), Analysis of Covariance (ANCOVA), dan analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis. Temuan dari penelitian ini diharapkan akan dapat diaplikasikan oleh perusahaan makanan halal guna membentuk sikap dan niat positif konsumen dan meningkatkan pendapatan perusahaan.