2019 : CONJI GAME MOBILE APP : MENGEMBANGKAN KONTEN APLIKASI BERDASARKAN KORPUS DATA DARI BUKU REFERENSI BERBAHASA INGGRIS (TAHUN KE 2)

Dra. Siti Zahrok
Dr. Kartika Nuswantara S.Pd, M.Pd
Renny Pradina Kusumawardani ST., MT.
Gita Widi Bhawika S.ST.,M.MT


Abstract

Pada penelitian terdahulu (Penelitian Dana Lokal ITS tahun 2018) tim peneliti telah menyelesaikan sebuah prototype berupa aplikasi mobile untuk pembelajaran bahasa Inggris yang diberi nama Conji. Meskipun telah banyak di pasaran daring jenis aplikasi mobile untuk pembelajaran bahasa Inggris, namun dalam pengetahuan kami, belum ditemukan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningatkan pengetahuan pembelajar bahasa tentang pemakaian berbagai varietas konjungsi. Pemahaman akan ragam konjungsi bermanfaat bagi pembelajar ketika dihadapkan pada buku teks atau buku referensi mata kuliah berbahasa Inggris. Kesalahan dalam memahami makna konjungsi akan berakibat pada kesalahan memahami sebuah konteks dan berakhir pada pemahaman yang tidak tepat. Pada kasus yang sama adalah ketika mahasiswa memulai menulis artikel dalam bahasa Inggris. Dengan terbatasnya pengetahuan akan varietas konjungsi maka mereka akan cenderung mempergunakan konjungsi yang sama sehingga hasil tulisan terasa membosankan. Alhasil, artikel yang mereka tulis kurang diminati oleh pembaca untuk dibaca. Terbatasnya data mengenai studi tentang pemakain konjungsi menjadi peluang bagi tim untuk mengembangkan konjungsi menjadi topik yang baru untuk didiskusikan secara mendalam di bidang bahasa Inggris, selanjutnya aplikasi mobile yang dibuat untuk membantu media belajar bagi mahasiswa untuk lebih menegenali varietas konjungsi beserta pemaikainnya menjadi jenis baru aplikasi mobile pembelajaran di pasaran daring. Dengan demikian hasil temuan diharapkan memiliki tingkat kebaruan atau novelty yang tinggi sehingga layak untuk diusulkan sebagai salah satu karya terpatenkan. Dalam penelitian inikonten aplikasi akan diambil dari analisa korpus data dari buku teks yang berbahasa Inggris yang banyak dipakai oleh mahasiswa ITS, dan akan dilakukan pengujian untuk mempeoleh descrepancy antara konjungsi yang ada pada buku teks dan konjungsi yang telah familiar bagi mahasiswa. Discrepancy akan menjai landasan untuk pengembangan konten sehingga konten dapat menjawab kebutuhan pembelajar untuk menambah pengetahuan tentang konjungsi. . Kata Kunci: Conji, konjungsi, descrepancy, buku teks data korpus