2017 : Pemodelan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Motion Capture dalam Pembelajaran Computer Generated Imagery

Denny Indrayana Setyadi ST., M.Ds.
Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Rabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.
Didit Prasetyo S.T., M.T.


Abstract

Permasalahan retargeting data hasil motion capture berupa file biovision human dengan aktor manusia yang diterapkan pada model karakter humanlike yang beraneka ragam bentuknya merupakan tantangan tersendiri bagi animator ,perbedaan ukuran dan proporsi panjang tulang biovision human dengan base mesh karakter humanlike yang deformasi menjadi permasalahan yang harus diantisipasi dalam tahapan perancangan karakter.\nTerdapat beberapa metode untuk retargeting biovision human dengan base mesh karakter, salah satunya adalah mengubah nilai besaran pengaruh rotasi biovision human pada tulang karakter deformasi, oleh karena itu penelitian tentang pemodelan karakter animasi yang tepat akan menitik beratkan pada retargeting data motion capture pada karakter deformasi untuk gerakan dasar. Output yang diharapkan dari penelitian ini adalah buku ber-ISBN dimana buku tersebut dapat digunakan sebagai panduan bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan para kreator animasi untuk memudahkan dalam merancang karakter animasi 3D