2018 : Pengenalan dan Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Peningkatan Kemampuan Wirausaha dan Pengembangan Aplikasi Game

Saiful Efendi

Year

2018

Published in

-

External link

Type

BOOK

Keywords

-


Abstract

Perkembangan rasio wirausaha di Indonesia mengalami kenaikan yang sebelumnya adalah 1.67 persen, kini menjadi 3.1 persen. Kepala SKHA Institute for Global Competitiveness (SIGC) Eric Sugandi menilai pemerintak dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu mendorong wirausaha agar semakin peka terhadap kecanggihan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat digunakan untuk ikut mendukung usaha yang sedang dikerjakan. Pada saat ini ada banyak bidang wirausaha yang bisa dilakukan dan dikembangkan. Salah satunya adalah wirausaha dalam memproduksi aplikasi game. Berdasarkan laporan pasar global menyatakan bahwa jumlah pemain game diseluruh dunia mencapai 2.2 milyar dan diharapkan dapat menghasilkan pendapatan sebesar $108.9 milyar pada tahun 2017. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar $7.8 milyar atau 7.8% dari tahun sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pada saat ini perkembangan industri game adalah sangat pesat. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang memiliki jurusan atau pendidikan mengenai teknologi informasi. Namun kemampuan berwirausaha di sekolah menengah seperti SMK perlu ditingkatkan. Pada saat ini, salah satu aplikasi yang digemari oleh masyarakat adalah aplikasi game. Sehingga dengan memberikan pelatihan tentang pembuatan game di SMKN 1 Surabaya diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas siswa ketika lulus dan menghadapi dunia kerja. . Pelatihan yang dilakukan di SMKN 1 Surabaya, tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari siswa. Namun juga untuk ikut serta mengenalkan serta mengajarkan manfaat dan penggunaan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung dan mendorong minat berwirausaha.