2019 : KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PERPUSTAKAAN ITS DALAM MENGHADAPI ITS REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Eva Mursidah A.Md
Yeni Anita Gonti, S.Sos
Davi Wahyuni S.Sos

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perpustakaan ITS adalah salah satu unit pendukung institusi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 (selanjutnya disebut RI 4.40). Salah satu output RI 4.0. adalah menghasilkan lulusan yang mampu bersaing. Peran perpustakaan disini adalah sebagai penyedia informasi dan meyelaraskan program kerjanya dengan sepuluh strategi utama yang telah dicanangkan oleh ITS, antara lain: digitalpreneurship; distance learning; IT infrastructure/e-services/smart campus; lifelong learning; global network for academic, research and innovation; IOT/big data/intelegencemachine; character Building 4.0; teaching Industry; allignment to industry and public needs; dan adaptive environment. Setidaknya terdepat dua dari sepuluh strategi yang berpengaruh pada perpustakaan ITS yaitu IT Infrastructure/E-services/Smart CampusdanResearch and Innovation. Strategi tersebut terkait dengan pengadaan infrastruktur, sistem informasi dan pengembangan staf yang mendukung ketersediaan pengajaran yang berbasis teknologi informas, serta adanya peningkatan pelayanan kepada pengguna seperti penambahan koleksi baik hardcopy maupun digital, jam buka layanan, serta fasilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan teknologi informasi perpustakaan ITS kemudian memetakannya dan memberikan upaya perbaikan. Dengan memperhatikan tujuan di atas, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Libqual+TM untuk mengukur kepuasan pengguna dari dimensi Affect of Service, Information Control dan Library as Place. Kemudian hasil dari analisa Libqual+TM akan di analisa kembali dengan menggunakan metode IPA ( importance performance analysis). Dengan metode ini hasil evaluasi menggunakan Libqual+TM dipetakan ke dalam empat kuadran berdasarkan tingkat kinerja dan kepentingannya dari tiap atribut. Dari empat kuadran tersebut akan dapat diketahui parameter mana saja dari layanan teknologi informasi perpustakaan ITS yang kurang memuaskan bagi pengguna untuk kemudian diberikan upaya peningkatan layanan. . Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam bidang keilmuan terkait, terutama dalam memberikan masukan terhadap perpustakaan serta lembaga ITS dalam mengetahui kualitas layanan teknologi informasi perpustakaan ITS dan diharapkan mampu merumuskan upaya dari peningkatan pelayanan tersebut dalam menghadapi ITS revolusi industri 4.0 kata kunci : Perpustakaan ITS, Kepuasan Pengguna , Libqual+TM , Importance Performance Analysis, Strategi ITSRevolusi Industri 4.0, Library 4.0