2017 : PENINGKATAN SISTEM MANAJEMEN LAYANAN IT APLIKASI ERP ODOO, MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL DAN TEKNOLOGI BARCODE, UNTUK LOGISTIK ITS TERPUSAT\n

Dr. Muhammad Mashuri M.T.
Prof. Iwan Vanany ST., M.T., Ph.D.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Studi kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem manajemen layanan IT aplikasi ERP ODOO pada proses Service Operation dan Continual Service Improvement di Logistik ITS, menggunakan standar/kerangka kerja IT Service Management: ITIL dan teknologi Barcode. \n Perbaikan proses Service Operation diperlukan untuk bisa lebih efektif dalam melakukan Event Management, Incident Management, Problem Management, Request Fulfillment dan Access Management. Selain itu, perbaikan pada manajemen proses Continual Service Improvement dengan teknik 7 Step Improvement Process juga diperlukan untuk menjamin adanya peningkatan/perbaikan yang terus menerus sehingga mampu meningkatkan KPI: kepuasan stakeholder. Disisi lain, implementasi teknologi Barcode pada aplikasi ERP ODOO logistik ITS sangat diperlukan untuk peningkatan KPI: terintegrasinya sistem paperless, pada proses bisnis distribusi logistik. \n Harapan dari studi kebijakan penelitian akan menghasilkan peningkatan sistem manajemen proses bisnis Logistik ITS, yang disertai dengan dokumen pendukung (misal: SOP, dll). Disamping itu akan dihasilkan konfigurasi dan kustomisasi aplikasi ERP ODOO supaya mendukung teknologi Barcode untuk peningkatan efektivitas proses bisnis Logistik ITS.\n\nKata Kunci: IT Service Management, ITIL, Barcode, ODOO ERP, Service Operation, Continual Service Improvement, 7 Step Improvement Process.\n