2017 : RANCANG BANGUN MECHANICAL THROTTLE BODY DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PROTOTIPE SEPEDA MOTOR BERBAHAN BAKAR GAS

Ir. Denny Maartyoza Eko Soedjono M.T.
Ir, Joko Sarsetiyanto MT.
Dedy Zulhidayat Noor ST., MT., Ph.D


Abstract

RINGKASAN\n Obyek penelitian adalah sistim pemasukan bahan bakar gas (LPG) ke dalam ruang bakar motor bakar torak. Sebelum masuk ruang bakar, bahan bakar tersebut harus dicampur dengan udara segar. Campuran tersebut harus homogen dan tersebar merata diseluruh ruang bakar, agar dapat terbakar habis dan menghasilkan daya mesin yang besar. Sistim bahan bakar tersebut mencakup mixer (dilengkapi dengan mekanisme throttledan penstabil tekanan gas) dan intake manifold yang secara keseluruhan dalam hal ini diberi nama mechanical throttle body. \nFokus penelitian terletak pada bagaimana mendapatkan dimensi dan geometri mixer yang cocok untuk memberikan masukan massa campuran udara-bahan bakar untuk menghasilkan daya mesin. Dimensi dan geometri mixer pasti berbeda dengan motor berbahan bakar CNG karena selain komposisinya berbeda, tekanan tabung penyimpan LPG juga berbeda dengan tekanan tabung CNG. Mixer juga harus dapat memberikan massa bahan bakar yang sesuai dengan beban mesin. Mixer juga harus dapat memciptakan aliran vortex sehingga dapat mencampur udara dan bahan bakar yang keduanya berphasa gas dan berbeda massa jenis (?udara=1,293 kg/m3, (?LPG=2,354kg/m3). Massa campuran udara-bahan bakar yang cukup dan campuran yang homogeny dan merata merupakan kunci untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna. \nPerhitungan dimensi dan geometri mixer dilakukan dengan perangkat lunak CFD. Selanjutnya hasil perhitungan tersebut dibuat dalam bentuk prototype kemudian diuji coba secara eksperimental di mesin sepeda motor. Parameter kinerja mesin sepeda motor yang diukur adalah: Daya mesin, Torsi, Konsumsi bahan bakar spesifik, dan Efisiensi termis dan emisi gas buang. Berikutnya kinerja dan emisi tersebut dibandingkan dengan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin untuk dianalisis mana yang lebih baik.\n\nKata kunci: mixer, aliran vortex, intake manifold, campuran udara-bahan bakar dan daya mesin\n