2015 : STUDI INSTRUMEN INDEKS PRESTASI DOSEN (IPD)\nTERHADAP KARAKTERISTIK MODEL\nPEMBELAJARAN DI ITS

Ir. Syamsul Arifin MT.
Ir. Aulia Siti Aisjah MT.
Yusuf Bilfaqih ST
Sri Fatmawati S.Si., M.Sc., Ph.D.


Abstract

Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang mengamanahkan pelaksanaan pembelajaran dengan karakteristik interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif. Karakteristik tersebut merupakan hasil dari pembelajaran berpusat pada mahasiswa – Student Center Learning – SCL. ITS sebagai perguruan tinggi teknik telah melakukan model pembelajaran SCL di beberapa kelas, tetapi secara khusus model yang sesuai untuk ITS belum dikaji dan diuji. Penelitian ini akan melakukan analisis terhadap\nmodel pembelajaran saat ini yang dominan dilakukan di ITS, selanjunya berdasarkan studi kajian dan analisis model existing dilakukan perancangan model pembelajaran yang sesuai.\nPerancangan dilakukan dengan cara modifikasi model yang lama dan dipastikan tidak terjadi revolusi model, sehingga model baru ini dapat diimplementasikan di semua kelas. Hasil implementasi akan dievaluasi dengan instrumen ukur IPD yang sebelumnya telah\nditentukan berdasarkan karakteristik model baru tersebut. Evaluasi terhadap