2018 : Pengembangan Konsep Desain Video Profil ITS Sebagai Media Promosi ITS

Dr. Dra. Agnes Tuti Rumiati M.Sc.
Aria Weny Anggraita ST., M.MT
Kartika Kusuma Wardani S.T., M.Si.
Hertina Susandari S.T., M.T.


Abstract

ABSTRAK Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), merupakan perguruan tinggi di bidang science dan teknologi juga salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia. Tahun 2017, ITS menduduki peringkat terbaik ke-5 di Indonesia berdasarkan penilaian Menristekdikti dan masuk dalam 7 universitas unggulan di Indonesia versi QS university Rangking. Dalam perjalanannya sebagai universitas yang memiliki julukan ‘Kampus Perjuangan’ ini, ITS selalu berbenah dan memutakhirkan diri dalam pengingkatan bidang akademis maupun bidang lainnya sesuai kontrak universitas yang ada. Semakin tingginya tingkat persaingan antar Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, mengharuskan tiap PT untuk mengambil cara yang kreatif untuk mempromosikan citra masing—masing PT. Oleh karena itu perlu adanya media promosi kreatif untuk merebut animo calon mahasiswa baru. Salah satu terapan dari multimedia di era teknologi yang berkembang sekarang adalah video. Video dapat memadukan seni, teknologi, dan juga elemen-elemen geometri dalam proses pembuatannya. Video ini biasanya digabungkan dengan, atau dipicu oleh, audio untuk membuat narasi audio visual. Oleh sebab itu video dapat menjadi opsi yang tepat sebagai media promosi kreatif ITS untuk mempromosikan citra ITS. Selain Itu, Video merupakan penggabungan unsur dari teknologi dan seni yang juga terdapat di citra diri ITS. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk teknologi berupa video yang memiliki konsep promosi ITS yang dapat menarik calon mahasiswa yang akan belajar di ITS, maupun calon researcher, investor dan Perguruan Tinggi dari dalam dan luar negeri yang akan bekerjasama dengan ITS. Luaran yang dihasilkan sebagai hasil dan target penilitian ini adalah produk video yang menampilkan promosi ITS.