2019 : Manajemen Ruang Kelas Sebagai Upaya Efisiensi Penyediaan Ruang Kuliah di ITS

Ir. Rachmad Basuki M.T.
Ir. Andy Mappa Jaya

Year

2019

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pelaksanaan perkuliahan di suatu perguruan saat ini masih dominan dilaksanakan di dalam kelas. Hal ini dinyatakan dalam definisi 1 SKS dalam Peraturan Akademik ITS tahun 2018 sebagai berikut: 1 (satu) sks pada bentuk pembelajaran kuliah, responsi, dan tutorial mencakup: a. kegiatan belajar dengan tatap muka 50 (lima puluh) menit per mingguper semester b. kegiatan belajar dengan penugasan terstruktur 50 (lima puluh) menit per minggu per semester c. kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester. Tampak disini bahwa kegiatan tatap muka merupakan hal yang wajib dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Oleh karenanya, ketersediaan kelas merupakan hal yang sangat krusial dalam penyelenggaraan proses pembelajaran tersebut. Sayangnya, dalam prakteknya di ITS, masih banyak departemen yang (merasa) kekurangan ketersediaan kelas, dan departemen yang baru dibuka kesulitan mendapatkan kelas yang memadai. Sementara itu, pada saat jam perkuliahan, masih banyak juga kelas di beberapa departemen yang idle/ tidak terpakai karena jadwal perkuliahan pada jam tertentu memang tidak ada kegiatan perkuliahan. Oleh karena itu, manajemen pemanfaatan kelas menjadi penting untuk diteliti sehingga pemanfaat kelas dapat benar-benar efektif dan efisien. Hasil penelitian ini akan merekomendasikan sistem manajemen kelas di ITS. Kata Kunci: efisien, efektif, kelas, ruang