2018 : Analisa dan Pengendalian Sistem Active Variable Geometry Suspension (AVGS)

Prof. Ir. I Nyoman Sutantra M.Sc., Ph.D
Unggul Wasiwitono ST., M.Eng.Sc.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Sistem suspensi kendaraan yang merupakan salat satu bagian penting dari kendaraan. Performa dari suspensi kendaraan dievaluasi berdasarkan kriteria sebagai berikut: kenyamanan dilihat dari kemampuan suspensi mengisolasi getaran akibat ketidakrataan jalan, keamanan dilihat dari kemampuan ban menapak jalan (road holding) dan defleksi dari suspensi harus lebih kecil dari batasan yang telah ditentukan. Masalah mendasar dari desain sistem suspensi kendaraan adalah untuk memberikan kompromi antara tiga performa tersebut. Salah satu cara untuk memastikan kompromi antara performa yang saling berlawanan adalah dengan menggunakan suspensi aktif. Sistem suspensi aktif tidak banyak diaplikasikan karena memiliki beberapa kekurangan yang antara lain adalah kebutuhan energi yang besar, dimensi dan berat komponen yang relatif besar. Sehingga masih perlu dilakukan penelitian untuk mencari solusi sistem suspensi dengan kebutuhan energi yang lebih kecil. Performa sistem suspensi tidak hanya diukur dari tingkat kenyamanan berkendara. Keamanan dan stabilitas berkendara juga merupakan performa sistem suspensi. Peningkatan keamanan dan stabilitas berkendara dapat dilakukan dengan mengatur paramater suspensi. Tujuan penelitian ini adalah berorientasi pada pengembangan teoritik pada kajian sistem suspensi aktif jenis Active Variable Geometry Suspension (AVGS). Langkah pertama adalah menganalisa pengaruh perubahan parameter suspensi terhadap karakteristik suspensi (sudah dilakukan pada penelitian sebelumnya). Pada penelitian yang diusulkan saat ini, karakteristik dinamis dari sistem AVGS juga akan dipelajari untuk mendapatkan model matematis yang dapat digunakan untuk mensintesa sistem kendalinya. Untuk mengatasi masalah batasan pada sistem aktuasinya, metode pengendalian dengan tambahan kompensator anti-windup akan digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini mencakup: model dinamis sistem AVGS yang dapat digunakan untuk sintesa dan sistem kendali AVGS. Selain tesis mahasiswa S2 ditargetkan satu artikel ilmiah hasil penelitian dapat di submit ke journal international terindex scopus dan satu artikel dapat dipresentasikan pada seminar internasional.