2017 : ADAPTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DALAM PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL LINGKUNGAN

Denny Indrayana Setyadi ST., M.Ds.
Nugrahardi Ramadhani SSn., MT
Didit Prasetyo S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Upaya perbaikan kualitas mutu pendidikan sangat bergantung pada beberapa faktor diantara lain : (1) Substansi atau isi materi pembelajaran; (2) Sarana dan prasarana pendidikan, meliputi ketersediaan peralatan belajar mengajar serta suasana dan lingkungan yang mendukung pembelajaran. (3) Metode Pembelajaran, yang berisi strategi pembelajaran yang bertujuan mengarahkan peserta didik serta tenaga pendidik beraktifitas sesuai dengan learning outcome yang diharapkan sebuah proses pembelajaran. Metode pembelajaran Problem-base-Learning adalah bagian dari metode pembelajaran Student Centered Learning, yakni metode pembelajaran yang menciptakan aktifitas peserta didik mencari, mengolah, mengelola sumber referensi pembelajaran secara mandiri dengan peran tenaga pendidik sebagai fasilitator kegiatan tersebut. \nPenelitian Adaptasi metode pembelajaran PBL dalam perkuliahan perancangan ini berupaya menyelaraskan metode pembelajaran eksisting yang telah berjalan selama ini di Departemen Desain Produk dengan metode pembelajaran PBL sesuai dengan pedoman pembelajaran SCL. Proses penyelarasan perlu dilakukan mengingat pada observasi awal, jenis pembelajaran bidang keilmuan Desain pada kenyataannya telah menggunakan metode PBL yang belum terstruktur. Studi kasus yang dipilih adalah mata kuliah Perancangan Desain Komunikasi Visual Lingkungan yang merupakan salah satu mata kuliah baru pada kurikulum 2014-2019. Metode penelitian yang digunakan meliputi : Studi referensi model pembelajaran PBL, benchmark silabus mata kuliah sejenis Perguruan tinggi LN, obeservasi kegiatan perkuliahan, serta evaluasi kondisi eksisting perkuliahan yang telah berjalan selama ini.\nOutput yang diharapkan pada penelitian ini adalah sebuah buku ajar ber-ISBN yang dapat digunakan sebagai acuan dalam evaluasi perbaikan kurikulum internal Departemen Desain Produk, serta dapat dimanfaatkan secara eksternal sebagai buku referensi yang ditujukan untuk umum, khususnya mahasiswa Desain Komunikasi Visual.\n